Kisah 10 Pencuri Paling Terkenal Sepanjang Sejarah (Bagian 1)


Naviri Magazine - Sejarah selalu melahirkan orang-orang baik, meski seiring itu juga muncul orang-orang jahat. Sejarah mencatat orang-orang yang banyak berderma untuk masyarakat dunia, namun sejarah juga mencatat orang-orang yang terkenal karena kasus kejahatan.

Seperti kisah sepuluh pencuri terkenal berikut ini. Mereka dicatat sejarah karena aksi-aksi pencurian yang dilakukan. Bukan agar ditiru generasi selanjutnya, tapi sebagai pelajaran dan pengingat bahwa berbuat jahat bisa membuat nama kita dikenang dengan cara yang buruk. Dan itu tentu bukan hal bagus.

Dick Turpin

Merupakan seorang pencuri yang berasal dari Inggris. Orang-orang mengenal Turpin dari kisahnya yang menunggang kuda dari London menuju York dalam waktu kurang dari 24 jam. Namun kisah tersebut sebenarnya bukanlah asli dari dirinya alias kisah orang Inggris lain. Tapi Turpin membuat seolah-olah itu adalah dirinya sehingga membuat namanya terkenal.

Sebelum memulai karir sebagai pencuri, Turpin awalnya merupakan seorang pemotong daging. Setelah membuka usaha toko daging, barulah Turpin memulai karirnya sebagai pencuri khususnya pencuri sapi dan domba. Begitu aksinya tertangkap, Turpin melarikan diri ke pedesaan di Essex. 

Disana pun ia berprofesi menjadi pencuri. Turpin sempat berganti nama menjadi John Palmer untuk mengelabui nama orang. Namun akhirnya dirinya berhasil ditangkap dan dijatuhi hukuman mati.

Jesse Woodson James

Diantara sejumlah pencuri yang beraksi pada era Perang Sipil Amerika, nama Jesse Woodson James adalah nama yang paling dikenal. Sebagai pencuri yang terkenal, James tidaklah bekerja seorang diri, dirinya ditemani oleh saudara konfederasinya yang bernama Frank. Keduanya menjadi pencuri terkenal di abad ke-19.

James bersama Frank adalah 2 orang yang bertanggung jawab atas sejumlah perampokan yang terjadi di banyak bank dan kereta barang di abad ke-19. James sangat suka sekali dengan ketenaran, jadi semakin banyak berita mengenai aksi merampoknya, James semakin bangga. Nasib sial kemudian menghadang James. Dirinya dibunuh oleh sesama anggota geng yang muak dengan sikapnya. 

Bill Mason

Siapa sih orang yang tidak tertarik dengan perhiasan mahal seperti emas dan berlian? Rasanya tidak ada orang seperti itu. Perhiasan, baik itu terbuat dari emas dan berlian pasti memiliki nilai yang mahal. Jadi jangan heran apabila ada orang yang terpancing untuk mencurinya. Salah satu orang tersebut adalah Bill Mason.

Bill Mason adalah pria asal Amerika yang dikenal sebagai pencuri perhiasan. Sebagai pencuri, Bill bisa dibilang adalah pencuri perhiasan yang paling sukses. Bill berhasil mencuri perhiasan senilai 35 juta dolar dari sejumlah rumah mewah di Amerika. 

Namun ada satu aksinya yang bisa dibilang paling nyeleneh. Bill mencuri medali emas millik atlit Johnny Weissmuler dan kemudian ia kembalikan lagi.

Stephen Blumberg

Stephen Blumberg adalah seorang kolektor buku yang pernah ditangkap karena mencuri sejumlah buku di beberapa universitas serta museum pada tahun 1990. Semua total nilai buku yang ia curi mencapai nilai 5,3 juta dolar. Atas aksinya tersebut, orang-orang menjuluki sebagai Pencuri Buku. Otomatis saja Stephen terkenal sebagai pencuri buku paling terkenal sepanjang sejarah.

Ada sebuah alasan kenapa Stephen memutuskan untuk menjadi pencuri buku. Stephen beranggapan bahwa pemerintah akan melarang masyarakat biasa untuk bisa mengakses dan membaca buku-buku yang unik dan langka. 

Stephen juga meyakini bahwa buku-buku yang ia curi tersebut harus dikembalikan kepada pemilik yang sebenarnya atau setidaknya diberikan pada seseorang yang akan merawat buku-buku tersebut. Tidak terlintas dalam pikirannya untuk menjual buku hasil curiannya tersebut.

Veerapan

Di India, ada sebuah nama yang dikenal sebagai salah satu pencuri tersukses sepanjang sejarah. Ia adalah Veerapan. Sudah jelas bahwa pencuri harus segera ditangkap oleh pihak yang berwajib, itulah yang dialami oleh Veerapan. Veerapan dicari oleh pihak berwajib karena dirinya terlibat langsung dalam pencurian gading dan cendana.

Gading hasil curian Veerapan diketahui mencapai nilai 2,6 juta dolar dan cendana yang ia curi mencapai nilai 22 juta dolar. Tidak hanya mencuri, Veerapan juga pernah membunuh penjaga hutan pada tahun 1987. Selama 20 tahun mencuri, Veerapan sama sekali tidak pernah tertangkap. Kepopuleran namanya membuat kisahnya ditulis dalam buku dan dibuatkan film.

Baca lanjutannya: Kisah 10 Pencuri Paling Terkenal Sepanjang Sejarah (Bagian 2)

Related

History 515845242256245180

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item