Kisah Perjalanan Hidup Steve Jobs dan Karya-karyanya di Bidang Teknologi (Bagian 1)


Naviri Magazine - Steven Paul Jobs adalah pemimpin perusahaan Apple Computer, bersama Steve Wozniak, dan tokoh utama di industri komputer. Steve Jobs lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955.

Sebagai pendiri Apple Computer di tahun 1976, ia mempopulerkan konsep komputer di rumah tangga dengan Apple II. Kemudian, ia salah satu orang yang pertama kali menyadari potensi untuk mengomersialkan antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dan mouse yang dikembangkan di Palo Alto Research Center, perusahaan Xerox, dan kemudian teknologi ini diterapkannya ke dalam Apple Macintosh.

Jobs juga memimpin Pixar Animation Studios, sebuah perusahaan komputer animasi terkemuka di dunia layar lebar. Ia telah menjadi multi-jutawan sebelum berumur 30 tahun. Dimulai dengan perusahaan NeXT untuk membuat sistem pendidikan dengan harga yang terjangkau, ia menemukan bahwa menjual software lebih baik daripada menjual hardware.

Orang tua Jobs adalah Joanne Simpson dan Abdulfattah Jandali, mahasiswa tamu dari Syria, yang kemudian menjadi profesor ilmu politik. Sejak bayi, Jobs diadopsi Paul dan Clara Jobs dari Mountain View, Santa Clara County, California. Orang tua angkat inilah yang memberikan nama Steven Jobs. 

Orang tua biologisnya kelak menikah, dan memberinya adik perempuan bernama Mona Simpson, yang kemudian terkenal sebagai novelis.

Steve Jobs melewati masa SMP dan SMU di Curpetino, Califonia, seringkali setelah jam sekolah mengajar di Hewlett Packard Company di Palo Alto, California. Maka tak heran, segera setelah itu ia dan Steve Wozniak segera menjadi pekerja paruh waktu di perusahaan ini. 

Di tahun 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di Cupertino, California, dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tapi dikeluarkan/drop out setelah satu semester. 

Tapi ia segera mendaftar ke Reed College. Salah satu hal yang dipelajari di sini adalah kaligrafi. "Jika saya tak pernah dikeluarkan dari tempat belajar hanya satu semester, mungkin Mac saat ini tak akan memiliki multiple typefaces atau font-font yang proposional," katanya.

Di musim gugur tahun 1974, Jobs kembali ke California dan mulai menghadiri pertemuan "Homebrew Computer Club" dengan Steve Wozniak. Dia dan Wozniak bekerja di Atari Inc., sebuah perusahaan pembuat permainan komputer yang terkenal, dengan jabatan sebagai perancang permainannya. Motivasinya saat itu adalah mengumpulkan uang untuk melakukan perjalanan spiritual ke India.

Jobs kemudian melakukan perjalanan pencerahan spritual ke India bersama temannya di Reed College, Daniel Kottke, yang kemudian hari menjadi pegawai Apple yang pertama. Kembali dari India, dia menjadi Buddhist dengan rambut dicukur/gundul dan mengenakan pakaian tradisional India. 

Selama masa itu, ia mempraktekkan psychedelics (semacam meditasi, saat itu Jobs sering dianggap aneh, karena berjalan telanjang kaki di atas salju - ini semacam meditasi kesadaran). Itu adalah dua atau tiga hal yang paling penting yang pernah ia lakukan dalam hidupnya.

Di tahun 1976, Jobs, usia 21, dan Wozniak, 26, mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalkan Jobs dan Wozniak diberi name Apple I. Komputer itu dijual dengan harga AS$ 666.66, yang berasal dari nomor telepon, yang berakhir dengan -6666.

Di tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II, yang sukses besar di pasaran rumah tangga, dan memberi Apple pengaruh besar di industri komputer pribadi. 

Di tahun 1980, Apple Computer mencatatkan namanya di bursa efek, dan dengan penawaran saham awal yang sukses, ketenaran Jobs bertambah. Tahun itu juga, Apple Computer melepas Apple III, walaupun kesuksesannya tidak sebaik sebelumnya.

Seiring dengan berkembangnya Apple Computer, perusahaan itu mulai mencari kepemimpinan baru untuk membantu mengatur perkembangan perusahaan. Di tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley, dari perusahaan Pepsi-Cola, untuk memimpin Apple Computer, dengan tantangan, "Apakah kamu mau menjual minuman berkarbonasi seumur hidup, atau mau mengubah dunia?" 

Tahun itu juga, Apple juga mengeluarkan Apple Lisa yang teknologinya tergolong sangat maju pada saat itu, tapi gagal meraih pembeli di pasar.

Tahun 1984 menjadi tahun pengenalan Macintosh, komputer pertama yang dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis. Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin, dan tim tersebut menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan Apple, tetapi belum sempat dikomersialkan. 

Kesuksesan Macintosh membuat Apple menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac, yang bertahan sampai saat ini.

Walaupun Jobs sangat persuasif dan karismatik bagi Apple, banyak yang menganggap dia sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi. Di tahun 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple, Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengusirnya dari Apple.

Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan perusahaan komputer lagi, NeXT Computer. NeXT tergolong sangat maju dalam hal teknologi, tetapi tidak pernah terkenal, kecuali di lingkup riset sains. (Tim Berners-Lee mengembangkan sistem World Wide Web di CERN dengan menggunakan sebuah NeXT workstation.) 

Namun NeXT membantu memajukan teknologi-teknologi seperti program object-oriented, PostScript, dan perangkat magneto-optical.

Baca lanjutannya: Kisah Perjalanan Hidup Steve Jobs dan Karya-karyanya di Bidang Teknologi (Bagian 2)

Related

Technology 2140779106579627064

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item