Mau Bikin Startup? Ini 10 Hal yang Perlu Diperhatikan agar Sukses (Bagian 1)


Naviri Magazine - Melakukan suatu hal pasti memerlukan usaha dan kerja keras. Apalagi bila kamu ingin membangun bisnis startup. Membangun startup tanpa rencana yang matang hanya akan membuang-buang modal dan juga waktu. 

Karena itu, berikut ini tips bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai bisnis startup. Apa saja 10 tips yang wajib dilakukan bila ingin sukses?

Jangan Mudah Menyerah

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang tidak pernah mengalami kegagalan. Seorang pengusaha yang suksespun pasti pernah mengalami kegagalan. Tapi apakah mereka menyerah? Jika mereka menyerah, tidak mungkin perusahaan mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi besar seperti sekarang. Bahkan seorang Steve Jobs pun pernah mengalami kegagalann.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis startup pastinya akan banyak menghadapi ujian berat untuk membangun suatu bisnis. Kalian tidak perlu takut akan kegagalan tersebut, yang perlu kalian persiapkan adalah fisik dan mental untuk bisa kembali bangkit berdiri dari awal. Kegagalan yang terjadi pada diri kalian akan membuat kalian lebih siap lagi dalam menghadapi kesulitan.

Sabar

Kesabaran menjadi poin penting yang harus dimiliki oleh calon pemimpin. Tanpa kesabaran, tujuan dari perusahaan akan sulit tercapai. Kesabaran juga mempunyai peran penting di berbagai hal. Tidak hanya dalam pemilihan keputusan yang bisa mempengaruhi masa depan perusahaan tapi juga sabar dalam mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Membangun bisnis startup tidaklah semudah membangun 1000 candi dalam waktu semalam. Dibutuhkan waktu yang lama untuk bisa mencapai target yang diinginkan. Belum lagi kita harus menghadapi berbagai macam sifat karyawan. Seorang calon pemimpin harus bisa sabar dalam memimpin para karyawannya dalam mencapai target yang dituju.

Cari Karyawan

Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri, begitu pula dengan perusahaan. Tidak ada perusahaan yang bisa dijalankan hanya dengan 1 orang saja. Sebesar atau sekecil apapun suatu perusahaan pasti masih tetap membutuhkan bantuan dari para karyawan. Mencari karyawan yang tepat menjadi salah satu tips yang harus dipertimbangkan oleh seorang pemimpin.

Masalahnya adalah bagaimana cara kita mencari karyawan yang tepat untuk perusahaan. Begitu banyak tipe karyawan membuat kita tidak bisa sembarangan memilih. Karyawan yang tepat adalah karyawan yang memiliki visi dan misi jelas dengan perusahaan. Dan lagi, seorang karyawan tentunya harus giat bekerja dan mau menerima kritik yang lebih maju.

Bantu Organisasi yang Sejenis

Jika kamu termasuk orang yang minim pengalaman di dunia bisnis, ada baiknya untuk melakukan beberapa riset akan apa saja yang dibutuhkan untuk membangun bisnis startup. Salah satu tips yang bisa kalian gunakan adalah dengan membantu organisasi atau perusahaan yang sejenis dengan perusahaan yang ingin dibangun.

Membantu organisasi atau perusahaan yang sejenis akan memberikan kamu pengalaman bagaimana caranya membangun sebuah bisnis. Tidak perlu takut jika kamu mendapatkan bayaran yang kecil, karena yang kita butuhkan bukan hanya uang tapi juga pengalaman. Pengalaman adalah guru yang terbaik, ingat?

Jadilah Unik

Perlu kalian ingat, jika kalian ingin membangun suatu bisnis baru pastikan bahwa produk yang kalian tawarkan itu berbeda dengan yang lain. Jika tidak, maka akan sangat sulit bagi kalian untuk bisa bersaing dengan perusahaan lain. 

Dalam menjual suatu produk, bisa jadi bukan hanya perusahaan kalian saja yang menjualnya, tapi ada kemungkinan ada perusahaan lain yang menjual produk sama dengan keunggulan diatas produk kalian.

Buat suatu produk yang unik dan berbeda dengan yang lain. Produk yang unik tersebut pastinya akan jauh lebih menarik dari produk  yang telah ada. Lakukan beberapa riset mengenai produk sejenis dan cari tahu apa kelebihan dan kekurangannya. 

Dari kekurangannya tersebut kita ciptakan produk baru yang lebih unggul. Terkadang orang seringkali mencari ide yang rumit untuk dijual, tapi ide simple saja sebenarnya juga bisa menarik minat pembeli. Apalagi jika kamu mengerti cara memasarkannya.

Baca lanjutannya: Mau Bikin Startup? Ini 10 Hal yang Perlu Diperhatikan agar Sukses (Bagian 2)

Related

Tips 1429974041860637968

Recent

item