Mau Bikin Startup? Ini 10 Hal yang Perlu Diperhatikan agar Sukses (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Mau Bikin Startup? Ini 10 Hal yang Perlu Diperhatikan agar Sukses - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Terbuka pada Kritik

Tidak semua orang bisa menerima kritik. Tapi mudah-mudahan kamu bukan termasuk orang yang seperti itu. Karena sebuah kritik dapat memberikan kita manfaat yang sangat berguna bagi kemajuan bisnis, Tanpa adanya kritik, kita tidak bisa mengetahui apa yang menjadi kekurangan dari produk yang kita jual.

Di dalam dunis bisnis akan banyak sekali kritik yang menyerang perusahaan kalian. Pastikan kritik tersebut merupakan kritik yang membangun. Singkirkan kritik-kritik yang bisa merusak citra perusahaan kalian. Pastikan juga bahwa karyawan yang kamu miliki juga terbuka akan kritik. Semakin banyak kiritk yang masuk bisa memberikan informasi pada kita akan apa yang diinginkan oleh konsumen.

Konsultasi dengan Orang Sukses

Untuk membangun bisnis startup yang sukses, diperlukan juga bantuan dari orang-orang sukses. Orang-orang yang sukses tersebut pastinya telah berpengalaman dalam menjalani betapa kerasnya dunia bisnis. Bertukar pikiran dengan mereka dapat membuka pikiran kalian dan juga mendapatkan beberapa saran berguna.

Ada baiknya kalian berkonsultasi dengan orang yang menjalankan bisnis serupa. Dari mereka, kira bisa mendapatkan banyak hal bermanfaat dan juga motivasi. Tapi kalian juga perlu berhati-hati, karena tidak semua orang sukses mau membagi kunci sukses mereka. 

Berani

Untuk melakukan sesuatu diperlukan yang namanya keberanian. Tanpa keberanian, bagaimana mungkin kamu bisa mendapatkan yang kamu inginkan. Dalam menjalankan bisnis startup, ketika kamu sudah menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk membangun perusahaan tapi kamu tidak memiliki keberanian untuk menjalankannya, tidak mungkin kamu bisa sukses.

Keberanian adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki. Apalagi nantinya kamu akan berperan sebagai pemimpin perusahaan. Jika seorang pemimpin perusahaan tidak berani mengambil keputusan, sulit rasanya perusahaan yang kamu buat dengan susah payah bisa mencapai target yang telah dibuat.

Tetapkan Visi dan Misi

Ingin membangun bisnis baru? Rencana apa saja yang telah kamu buat? Jika kamu hanya bermodal berani tapi tidak memiliki rencana yang matang, perusahaan yang kamu buat tidak akan bisa bertahan dengan lama. Semua usaha yang telah kamu lakukan akan terbuang dengan percuma. 

Buat sebuah rencana matang untuk membangun sebuah bisnis. Tetapkan apa yang menjadi visi dan misi dari perusahaan yang ingin dibangun. Barulah setelah semua rencana telah dipersiapkan, kamu bisa membangun sebuah bisnis yang kamu mau. Membuat rencana bisnis bisa memudahkan kamu dalam memimpin perusahaan.

Modal

Dari kesembilan poin yang telah dijelaskan, untuk membangun sebuah bisnis atau perusahaan startup dibutuhkan yang namanya modal. Tanpa modal yang cukup, kamu tidak akan bisa menciptakan perusahaan yang diinginkan. Menggaji karyawan juga kalian tidak akan mampu bila kalian tidak memiliki modal yang cukup. 

Untuk itulah kalian harus benar-benar memastika bahwa kalian memiliki dana yang cukup untuk membangun sebuah bisnis. Menabung adalah salah satu cara yang harusnya dipersiapkan dari jauh hari. 

Tapi jika masih kurang, jaman sekarang ini ada sejumlah bank yang bisa memberikan bantuan berupa pinjaman uang. Tentunya untuk meminjam uang dari bank, diperlukan yang namanya jaminan.

Jadi, apakah kalian sudah siap membangun bisnis startup?

Related

Tips 1190399332670205542

Recent

item