Mengapa Ada Orang yang Baik dan Ada Orang yang Egois? Ini Jawaban Ilmuwan


Naviri Magazine - Menjadi baik mungkin ada di dalam gen Anda. Pernyataan ini didasarkan pada studi baru yang menemukan bahwa setidaknya faktor gen adalah bagian dari alasan mengapa sebagian orang baik dan murah hati.

Peneliti dari University at Buffalo dan University of California Irvine, menilai bahwa perilaku orang dengan berbagai versi gen reseptor dua hormon—oksitosin dan vasopressin—diyakini membuat orang menjadi lebih baik.

"Studi menemukan bahwa gen-gen ini dikombinasikan dengan persepsi orang tentang dunia sebagai tempat yang mengancam atau tidak, untuk memprediksi kemurahan hatinya," kata peneliti Michael Poulin, asisten profesor psikologi di University at Buffalo.

Secara spesifik, partisipan yang menyatakan bahwa dunia adalah tempat yang mengancam cenderung tidak suka menolong orang lain, kecuali jika partisipan memiliki versi gen reseptor yang terkait dengan kebajikan.

Poulin menjelaskan bahwa versi 'yang lebih baik' dari gen reseptor memungkinkan orang untuk mampu mengatasi perasaan terhadap kondisi dunia yang menurut orang tersebut mengancam, dan menolong orang lain meski ia sendiri ketakutan.

"Fakta bahwa gen mampu memprediksi perilaku dalam kombinasinya dengan pengalaman dan perasaan seseorang tentang dunia tidaklah mengejutkan, karena sebagian besar koneksi antara DNA dan perilaku sosial bersifat kompleks," kata Poulin seperti dilansir dari Health24.

"Jadi jika salah satu tetangga Anda sangat murah hati, perhatian dan memikirkan kepentingan orang lain, sedangkan tetangga lainnya egois, kikir dan tidak tertarik untuk membantu orang lain, DNA mungkin bisa membantu menjelaskan mengapa salah satu dari mereka lebih baik daripada lainnya," catatnya dalam studi yang dirilis online di jurnal Psychological Science tersebut.

Peneliti mengungkapkan telah menemukan sebuah gen yang memberikan kontribusi. Gen ini berkontribusi untuk menghadirkan perasaan tertentu yang dimiliki seseorang tentang dunia di sekitarnya.

Related

Science 2594412364700160625

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item