Mengenal Antioksidan dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Naviri Magazine - Anda tentu pernah atau bahkan sering mendengar saran yang menyatakan agar cukup mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Apa sebenarnya yang disebut antioksidan, dan apa perannya dalam kesehatan tubuh?

Antioksidan adalah vitamin, mineral, atau sejenis nutrisi, yang berperan dalam menjaga dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas yang bisa disebabkan oleh polusi, asap rokok, senyawa kimia, atau pola makan yang buruk.

Di sekitar kita banyak makanan yang mengandung antioksidan, di antaranya berikut ini:
  • Bayam, ketela pohon, tomat, aprikot, asparagus, bit, brokoli, labu, wortel, jagung, kale, mangga, persik, dan anggur merah, mengandung betakaroten dan karotenoid.
  • Paprika (merah, kuning, atau hijau), stroberi, tomat, buah beri, brokoli, labu, kembang kol, jeruk keprok, melon, kale, jeruk, dan pepaya, mengandung vitamin C.
  • Brokoli, wortel, paprika merah, bayam, lobak hijau, kacang, dan biji bunga matahari, mengandung vitamin E.
  • Tiram, daging merah, daging unggas, buncis, kacang, makanan laut, gandum, sereal, dan produk susu, mengandung seng atau zinc.
  • Kacang Brazil, tuna, daging iga, daging ayam, dan produk gandum, mengandung selenium.

Antioksidan baik untuk kesehatan, dan manfaat atau fungsinya termasuk menurunkan risiko kanker tertentu dan penyakit jantung. Antioksidan berupa vitamin C dan vitamin E juga baik dalam menunjang kesehatan mata. 

Meski antioksidan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun jangan jadikan nutrisi tersebut sebagai satu-satunya tumpuan untuk terhindar dari berbagai penyakit. Pola makan yang sehat, dengan kandungan gizi dan nutrisi yang cukup, juga perlu diperhatikan.

Related

Health 1792298617195238596

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item