Mengenal Epik Gilgamesh dan Pengaruhnya yang Besar dalam Mitologi Dunia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Mengenal Epik Gilgamesh dan Pengaruhnya yang Besar dalam Mitologi Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Isi kesebelas lempengan tanah liat

Gilgamesh dari Uruk, raja terbesar di muka bumi, dua-pertiga dewa dan sepertiga manusia, adalah Raja-Dewa terkuat yang pernah ada. Ketika rakyatnya mengeluh bahwa ia terlalu kejam, dan menyalahgunakan kekuasaannya dengan tidur dengan perempuan-perempuan lain sebelum mereka ditiduri oleh suami mereka, dewi penciptaan Aruru menciptakan manusia liar Enkidu, lawan yang setimpal yang juga menjadi pengganggu perhatiannya. Enkidu ditaklukkan oleh seorang perempuan, Shamhat.

Enkidu menantang Gilgamesh. Setelah suatu pertempuran hebat, Gilgamesh meninggalkan perkelahian (bagian ini hilang dari versi Babilonia Standar, tetapi dipasok dari versi-versi lainnya). Gilgamesh mengusulkan sebuah petualangan di Hutan Aras untuk membunuh suatu roh jahat.

Gilgamesh dan Enkidu bersiap-siap melakukan petualangan ke Hutan Aras, dengan dukungan dari banyak pihak, termasuk dewa matahari Shamash.

Gilgamesh dan Enkidu, dengan bantuan dari Shamash, membunuh Humbaba, roh jahat/monster penjaga pohon-pohon. Tetapi sebelum ini terjadi, Humbaba mengutuk mereka berdua, dan mengatakan bahwa salah seorang dari mereka akan mati karena hal ini; lalu ia menebang pohon-pohon, yang mereka apungkan sebagai rakit untuk kembali ke Uruk.

Gilgamesh menolak ajakan dari anak perempuan Anu, dewi Ishtar. Ishtar meminta kepada ayahnya agar mengirimkan "Banteng Surgawi" untuk membalas penolakan ajakan ini. Gilgamesh dan Enkidu membunuh sang banteng.

Para dewata memutuskan bahwa ada yang harus dihukum karena membunuh sang Banteng Surgawi. Mereka menghukum Enkidu. Hal ini juga menggenapi kutukan Humbaba. Enkidu jatuh sakit dan menggambarkan Dunia Bawah, sementara ia terbaring sekarat. Stephen Mitchell dan lain-lainnya menafsirkan hukuman ini sebagai hukuman atas pembunuhan terhadap Humbaba.

Gilgamesh meratap karena Enkidu, sambil menawarkan berbagai pemberian kepada banyak dewata agar mereka mau berjalan di sisi Enkidu di dunia bawah.

Gilgamesh berangkat untuk mengelakkan nasib Enkidu, dan membuat perjalanan berbahaya untuk mengunjungi Utnapisytim dan istrinya, satu-satunya manusia yang berhasil selamat dari banjir yang sangat dahsyat yang diberi keabadian oleh para dewata, dengan harapan ia pun dapat memperoleh keabadian. Dalam perjalanan, Gilgamesh berjumpa dengan Alewyfe Siduri yang berusaha membujuknya agar menghentikan perjalanannya itu.

Gilgamesh berangkat dengan kapal melintasi Air Kematian bersama Urshanabi, sang juru mudi, dan menyelesaikan perjalanan menuju dunia bawah.

Gilgamesh berjumpa dengan Utnapisytim, yang menceritakan kepadanya tentang air bah yang dahsyat, dan dengan enggan memberikan kepadanya kesempatan untuk hidup abadi. Ia mengatakan kepada Gilgamesh bahwa bila ia dapat bertahan tidak tidur selama enam hari dan tujuh malam, ia akan abadi. 

Namun, Gilgamesh jatuh tertidur, dan Utnapisytim menyuruh istrinya memanggang roti untuk setiap hari ia tertidur, sehingga Gilgamesh tidak dapat menyangkal kegagalannya. 

Ketika Gilgamesh terbangun, Utnapisytim menceritakan kepadanya tentang sebuah tanaman yang terdapat di dasar laut, dan bahwa bila ia memperolehnya dan memakannya, ia akan menjadi muda kembali, menjadi seorang pemuda lagi. 

Gilgamesh memperoleh tanaman itu, tetapi ia tidak segera memakannya karena ingin juga membagikannya kepada para tua-tua Uruk lainnya. Ia menempatkan tanaman itu di tepi sebuah danau, sementara ia mandi, dan tanaman itu dicuri oleh seekor ular. 

Setelah gagal dalam kedua kesempatan itu, Gilgamesh kembali ke Uruk, dan ketika ia melihat dinding-dindingnya yang begitu besar dan kuat, ia memuji karya abadi manusia yang fana. Gilgamesh menyadari bahwa cara makhluk fana untuk mencapai keabadian adalah melalui karya peradaban dan kebudayaan yang kekal.

Pengaruh dalam literatur wiracarita yang belakangan

Menurut sarjana Yunani, Ioannis Kordatos, ada sejumlah besar bait maupun tema atau episode yang paralel, yang menunjukkan pengaruh cukup besar dari Wiracarita Gilgamesh terhadap Odyssey, puisi wiracarita Yunani yang disebut sebagai karya Homerus.

Taman Eden

Kesejajaran antara kisah-kisah Enkidu/Shamhat dengan Adam/Hawa telah lama diakui oleh para peneliti. Dalam cerita tersebut, seorang pria diciptakan dari tanah oleh dewa, dan hidup di alam bersama binatang. Dia diperkenalkan kepada seorang wanita yang menggoda dia. 

Dalam cerita itu, pria menerima makanan dari wanita, meliputi ketelanjangannya, dan harus meninggalkan bekas wilayah kekuasaannya, juga tidak dapat kembali. Kehadiran seekor ular yang mencuri tanaman keabadian dari pahlawan dalam epik ini adalah titik lain dari kesamaan cerita.

Air Bah

Andrew R. George menyampaikan bahwa Air bah di Kejadian 6-8 cocok dengan yang ada di Gilgamesh, begitu erat dengan hanya "beberapa keraguan" bahwa itu berasal dari Mesopotamia. Apa yang sangat terlihat adalah jalan cerita dari banjir di kitab Kejadian mengikuti kisah Air bah (mitologi) Gilgamesh dengan "poin demi poin dan di urutan yang sama", bahkan ketika cerita tersebut memungkinkan alternatif lain.

Pada tahun 2001, komentar Taurat dirilis atas nama Gerakan Konservatif Yudaisme, sarjana rabi Robert Wexler mengatakan: "Asumsi yang paling mungkin kita dapat membuat adalah bahwa kedua catatan Kejadian dan Gilgamesh menarik materi mereka dari tradisi umum tentang banjir yang ada di Mesopotamia. Cerita-cerita ini kemudian bercabang ketika menceritakan kembali."

Hubungan lainnya

Matthias Henze menyatakan bahwa kegilaan karakter Nebukadnezar dalam Kitab Daniel di Alkitab mengacu pada Wiracarita Gilgamesh. Hanze mengklaim bahwa penulis menggunakan unsur-unsur dari deskripsi Enkidu untuk melukiskan potret sarkastik mengenai raja Babel itu.

Banyak karakter dalam Gilgamesh yang memiliki kesamaan dengan mistisisme Alkitabiah. Misalnya Ninti, dewi kehidupan dari Sumeria, yang diciptakan dari tulang rusuk Enki untuk menyembuhkannya setelah dia makan bunga terlarang. 

Narasi cerita ini mirip dengan kisah Hawa yang diciptakan dari tulang rusuk Adam dalam Kitab Kejadian. Ester J. Hamori, dalam Echoes of Gilgames dalam Cerita Yakub, juga mengklaim bahwa mitos Yakub dan Esau disejajarkan dengan pertandingan gulat antara Gilgamesh dan Enkidu.

Related

Science 2259727499624634943

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item