Mengenal Kelebihan dan Keunggulan Bisnis di Internet (Bagian 3)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Mengenal Kelebihan dan Keunggulan Bisnis di Internet - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Sekali lagi, hal semacam itu tidak terjadi di dalam bisnis online ala internet. Di internet, Anda bebas membuka berapa pun banyaknya toko untuk menjalankan usaha Anda, dan Anda tidak perlu repot mencari lokasinya, tak perlu memikirkan pelayan yang akan mengoperasikannya. 

Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk membuka beberapa toko online secara sekaligus seperti itu juga tidak terlalu mahal, bahkan jauh lebih murah dibandingkan dengan di bisnis konvensional.

Hanya saja, yang perlu diingat adalah, selama Anda masih belum maksimal mengurusi satu usaha bisnis di internet, maka sebaiknya pusatkan dulu perhatian Anda untuk mengurusi satu bisnis itu terlebih dulu. Nanti, setelah satu bisnis yang Anda kelola sudah dapat berjalan dengan baik dan memiliki tingkat penghasilan yang cukup, maka Anda bisa mulai memikirkan untuk membuka bisnis online yang lainnya.

Tidak memerlukan atribut yang macam-macam

Coba inventarisasi apa saja yang Anda butuhkan ketika ingin menjalankan suatu bisnis konvensional. Anda membutuhkan kartu nama yang bagus, agar dipandang sebagai pengusaha yang profesional. 

Anda membutuhkan telepon yang selalu dapat dihubungi kapan saja, dan itu artinya Anda setidaknya membutuhkan seorang sekretaris. Di atas segalanya itu, Anda pun tentunya harus berpenampilan bagus, atau setidaknya rapi, ketika Anda menjalankan usaha Anda.

Kenyataan di atas itu mungkin termasuk hal yang cukup remeh. Tetapi, pernahkah Anda membayangkan bahwa Anda bisa menjalankan bisnis Anda hanya dengan memakai kaos oblong dan celana pendek? 

Nah, hal yang bisa dibilang aneh sekaligus remeh itu bisa terjadi di bisnis online. Di bisnis internet, Anda dapat mengoperasikan usaha Anda tanpa atribut yang macam-macam, tanpa seragam atau penampilan yang rapi, bahkan Anda dapat menjalankan usaha Anda sambil duduk santai dengan pakaian seadanya, sambil menikmati kopi hangat di teras rumah.

Kemungkinan pasar yang makin luas

Pada hari ini, jumlah pengguna internet semakin banyak dibanding tahun sebelumnya, atau sepuluh tahun yang lalu. Begitu pula, pengguna internet pada satu tahun mendatang juga akan semakin bertambah banyak, apalagi sepuluh tahun yang akan datang. 

Semakin banyaknya pengguna internet ini memang dikarenakan beberapa faktor, di antaranya adalah karena semakin dekatnya orang dengan teknologi, semakin sadarnya masyarakat akan kebutuhan informasi, dan juga karena biaya koneksi internet yang semakin murah.

Nah, kenyataan semacam itu juga akan terjadi seiring dengan bertambahnya tahun. Makin tahun, jumlah orang yang akan menggunakan internet akan semakin bertambah. Makin tahun jumlah orang yang terhubung dengan internet akan semakin banyak, dan makin tahun pula biaya akes internet juga akan semakin murah.

Kenyataan itu tentu saja berhubungan erat dengan kemungkinan makin luasnya pasar yang dapat dijangkau di internet. Ketika makin banyak orang yang terhubung dengan internet, itu artinya semakin banyak dan semakin besar pula kemungkinan marketnya. Ketika Anda membuka bisnis internet hari ini, maka itu artinya Anda akan memiliki peluang sepuluh kali lipat lebih besar di tahun-tahun mendatang.

Dapat mendekatkan Anda dengan keluarga

Coba lihat, mengapa orang-orang butuh bekerja? Ketika seseorang telah memiliki suatu keluarga, anak dan istri, maka orang bekerja pun dengan tujuan untuk menghidupi keluarganya. Karenanya, orang-orang ini pun biasanya bekerja keras siang dan malam tanpa henti demi tujuan yang satu itu. 

Terkadang, karena begitu intensnya bekerja, seseorang sampai berangkat kerja pagi-pagi hari sekali sebelum anaknya bangun tidur, dan kemudian pulang kerja larut malam ketika anaknya sudah tidur. Bahkan tak jarang orang juga membawa pekerjaannya pulang ke rumah demi tujuan untuk dapat mengerjakannya di rumah sementara keluarganya telah tertidur.

Kenyataan semacam itu sebenarnya cukup menyedihkan, bukan? Anda bekerja untuk tujuan membahagiakan keluarga Anda, tetapi Anda justru jauh dari mereka, setidaknya jauh dari anak-anak Anda. Anda tak bisa dekat dengan mereka karena waktu Anda telah banyak tersita untuk kepentingan kerja.

Nah, hal semacam itu terpecahkan di bisnis online. Dengan usaha di internet, maka Anda akan tetap dapat dekat dan akrab dengan keluarga Anda, dengan pasangan dan anak-anak Anda, karena Anda dapat mengerjakan pekerjaan Anda di rumah, tanpa keluar-keluar kemana pun, karena yang Anda butuhkan hanya koneksi internet. 

Anda tetap dapat dekat dengan buah hati Anda, menyaksikan perkembangannya, dan juga tetap dapat menghidupi mereka dengan hasil usaha dan kerja keras Anda.

Related

Internet 9078076298155819122

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item