Mengenal Kelebihan dan Keunggulan Bisnis di Internet (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Mengenal Kelebihan dan Keunggulan Bisnis di Internet - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Tidak memerlukan kantor khusus

Di dalam standar bisnis konvensional, ukuran profesionalitas biasanya ditentukan dari adanya sebuah gedung atau setidaknya ruang kantor khusus yang mengelola bisnis itu. Tentu saja kenyataan semacam itu akan memberatkan pengelola usaha, khususnya bagi pengusaha yang baru akan mulai suatu bisnis. 

Orang seperti diharuskan dapat memiliki sebuah kantor yang bagus, atau lebih bagus lagi kalau memiliki gedung perkantoran yang mewah agar dapat dipandang profesional. Akibatnya, banyak orang atau pengusaha yang kemudian terpaksa harus menyewa ruang perkantoran yang mahal demi image bisnisnya.

Kenyataan semacam itu tidak terjadi ketika Anda berbisnis di internet. Anda sama sekali tidak membutuhkan ruang kantor khusus, meskipun ada kalanya Anda harus mencantumkan alamat rumah atau domisili Anda secara jelas. Tetapi, yang jelas, Anda sama sekali tidak membutuhkan ruang kantor untuk mengoperasikan bisnis Anda, karena Anda dapat menjalankan pekerjaan Anda menyangkut bisnis online ini dimana pun, bahkan di atas tempat tidur sekalipun.

Kesan profesional di dalam bisnis internet tidak ditunjukkan oleh ruang kantor yang hebat atau gedung perkantoran yang mewah, tetapi desain web yang bagus, bisnis yang ramah dan membuat nyaman pengunjung, serta pelayanan yang jujur. Hanya itu.

Tidak perlu stres dalam perjalanan

Coba lihat jalan-jalan raya di kota-kota kita, khususnya kalau Anda hidup di kota besar semacam Jakarta atau Surabaya. Bisa dikatakan kalau setiap hari jalanan selalu saja macet, khususnya lagi kalau jam berangkat kerja atau waktu pulang kerja. Semua orang yang berangkat atau pulang kerja biasanya akan berdesak-desakan di jalanan, baik dengan angkutan umum ataupun dengan kendaraan pribadi.

Kenyataan semacam itu semakin hari bukannya semakin berkurang, tetapi justru semakin bertambah. Jalanan akan semakin macet dan semakin padat, dan itu artinya orang akan terus terjebak dalam kemacetan yang semakin membuat stres. 

Secara mudahnya, setiap kali orang akan berangkat kerja, mereka sudah dihantui ancaman macet di jalanan. Kemudian saat akan pulang kembali ke rumah setelah kerja, sekali lagi mereka harus menerima kenyataan yang menjengkelkan itu, yakni macet lagi di perjalanan.

Hal semacam itu tidak terjadi di dalam bisnis internet. Ketika Anda berbisnis di internet dan menghasilkan uang melalui internet, maka Anda tidak perlu terjebak dalam kemacetan yang membuat stres itu. Anda tidak perlu keluar-keluar kemana pun untuk dapat bekerja. Selama Anda dapat terhubung dengan internet, maka Anda sudah dapat bekerja. Tanpa macet, tanpa stres.

Tidak memerlukan penanganan yang repot

Kalau kita membuka sebuah toko, maka kita harus selalu stand by atau siap di toko untuk melayani pelanggan. Atau, kalau umpama kita menggunakan pelayan, maka kita pun harus mengalokasikan sejumlah dana untuk menggaji pelayan atau beberapa pelayan yang membantu di toko kita. Pendeknya, kita harus repot atau setidaknya harus direpotkan oleh adanya alokasi biaya untuk menggaji pelayan.

Di dalam bisnis internet, kenyataan semacam itu tidak ada. Anda tidak perlu repot menjaga usaha Anda, karena bisnis di internet berjalan secara otomatis. Internet menggerakkan dan menjalankan bisnis Anda kapan saja dan dimana saja, tanpa Anda harus repot-repot melayani setiap pembeli yang datang atau setiap orang yang mampir berkunjung. 

Sistem di internet bisa dikatakan sebagai pelayan toko yang handal sekaligus pintar. Selain itu, internet adalah pelayan yang tidak banyak ribut, dan dia sama sekali tidak meminta bayaran apapun.

Pendeknya, sekali Anda membuka bisnis di internet, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah memantaunya, mengerjakan beberapa hal kecil yang perlu, dan selebihnya biarkan internet yang melakukan sisanya.

Bisa membuka beberapa bisnis sekaligus

Bayangkan Anda memiliki sebuah usaha toko, dan Anda ingin menambah jumlah toko Anda di lokasi lain yang Anda anggap sangat strategis untuk berdagang. Apa yang harus Anda lakukan? 

Ada banyak hal yang harus Anda lakukan, dari semenjak pencarian lokasi yang dapat dibeli atau disewa, rencana pembangunan toko untuk berdagang atau berjualan, sampai memikirkan upaya operasionalnya. Pendeknya, Anda akan membutuhkan dana atau biaya yang sangat besar, sekaligus juga penanganan yang merepotkan.

Baca lanjutannya: Mengenal Kelebihan dan Keunggulan Bisnis di Internet (Bagian 3)

Related

Internet 908735098921832614

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item