Mengenal Pohon dan Bunga Tanjung Serta Manfaatnya


Naviri Magazine - Pohon tanjung berupa Arbor dengan ketinggian 5–10 meter, mirip dengan keluarga buah sawo. Daunnya berwarna hijau tua dan mengkilat, ditengarai tanjung berasal India, Sri Lanka, dan Burma. Telah masuk ke Nusantara semenjak berabad-abad yang silam, dari semenanjung Malaya dan sekarang tersebar di Asia Tenggara. Pohon tanjung berbunga harum semerbak dan bertajuk rindang, biasa ditanam di taman-taman dan sisi jalan.

Bunga tanjung sangat terkenal karena baunya harum, dan sering dipakai gadis-gadis Melayu untuk disunting pada rambutnya.

Buahnya berwarna hijau kalau masih muda, dan kalau sudah masak berwarna kuning kemerahan, bisa dimakan dengan rasa manis agak sepat.

Manfaat bunga dan buah Tanjung

Bunganya yang wangi mudah rontok dan biasanya dikumpulkan di pagi hari untuk mengharumkan pakaian, ruangan, atau untuk hiasan. Bunga ini, dan aneka bagian tumbuhan lainnya, juga memiliki khasiat obat.

Air rebusan kulit batang digunakan sebagai obat penguat dan obat demam. Rebusan kulit batang beserta bunganya digunakan untuk mengatasi murus yang disertai demam.

Daun segar yang digerus halus digunakan sebagai tapal obat sakit kepala; daun dirajang sebagaimana tembakau, dicampur sedikit serutan kayu secang dan dilinting dengan daun pisang, digunakan sebagai rokok untuk mengobati sariawan mulut.

Related

Science 2278851288461321337

Recent

item