Menjulang ke Langit, Inilah 10 Gunung Tertinggi di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Mount Everest dikenal sebagai gunung paling tinggi di antara gunung-gunung yang lain. Tapi bukan berarti tidak ada gunung tinggi lain selain Mount Everest. Masih ada 9 gunung di dunia yang juga memiliki ketinggian mengagumkan, dan tidak kalah dengan Mount Everest. 

Berikut ini adalah daftar sepuluh gunung tertinggi di dunia.

Annapuma I, Nepal (8.091 meter)

Gunung Annapuma I memang tidak memiliki ketinggian yang setara atau menyaingi Mount Everest, tapi dengan tinggi 8.091 meter di atas permukaan laut tetap membuat gunung yang berada di Nepal ini mengagumkan. 

Pada tahun 1950, ada sekelompok pendaki gunung yang mencoba untuk menaklukan gunung Dhaulagiri yang berada di Nepal. Tapi pada akhirnya mereka lebih memilih untuk mendaki gunung Annapuma I.

Para pendaki yang mendaki gunung Annapuma I antara lain Maurice Herzog, Louis Lachenal, Lionel Terray, dan Gaston Rebuffat. Diketahui bahwa pada tanggal 3 Juni mereka berhasil mencapai puncak gunung Annapuma I. Perjalanan ang sulit itu ditempuh dengan susah payah dimana tubuh mereka semua menggigil karena dinginnya suhu.

Nanga Parbat, Pakistan (8.126 meter)

Menuju ke Pakistan, di sini kita bisa menemukan gunung Nanga Parbat atau yang juga disebut dengan Naked Mountain. Gunung ini adalah gunung dengan tinggi mencapai 8.126 meter diatas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut membuat gunung mengagumkan ini menjadi gunung tertinggi ke 9 di dunia.

Gunung menakjubkan ini diberi julukan "Killer Mountain" oleh para pendaki gunung di dunia. Julukan tersebut diberikan karena karakteristik gunung ini yang tinggi, besar, dan juga terjal. Membuatnya menjadi sulit untuk didaki. Di pertengahan dan awal abad ke-20, sudah banyak pendaki gunung yang kehilangan nyawa demi menaklukan gunung tinggi ini.

Manaslu, Nepal (8.156 meter)

Nepal terkenal memiliki banyak sekali gunung yang tinggi. Salah satunya adalah gunung Manaslu. Gunung Manaslu merupakan gunung tertinggi ke-8 di dunia dengan tinggi yang mencapai 8.156 meter di atas permukaan laut. 

Keindahan dari gunung Manaslu ini dimanfaatkan untuk dijadikan area trek atau perjalanan. Banyak orang yang menilai bahwa di gunung ini memiliki rumah teh yang menarik.

Sebelumnya pada tahun 1956, ada penjelajah asal Jepang yang menjadi orang pertama yang mendaki gunung Manaslu. Mereka adalah Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu. Mereka berdua menaklukan gunung Manaslu pada tanggal 9 Mei 1956. 

Dhaulagiri I, Nepal (8.167 meter)

Masih berada di Nepal, inilah gunung tertinggi ke-7 di dunia. Namanya merupakan bahasa Sansekerta yang memiliki arti mempesona, putih, dan indah. Gunung Dhaulgiri ini menjadi titik tertinggi dari cekungan sungai Gandaki. Gunung Dhaulagiri memiliki ketinggian 8.167 meter di atas permukaan laut.

Setelah ditemukan oleh orang Barat pada tahun 1808, Dhaulagiri langsung menggeser gunung Chimborazo sebagai salah satu gunung tertinggi di dunia. Puncak gunung Dhaulagiri membentang sejauh 48 km dengan topologi yang rumit dimana lintasan yang berputar, gletser, dan juga es yang seringkali jatuh.

Cho Oyu, Tibet (8.201 meter)

Dengan tinggi 8.201 meter di atas permukaan laut membuat gunung yang berada di Tibet ini menjadi gunung tertinggi ke-6 di dunia. Dalam bahasa Indonesia, Cho Oyu memiliki arti Dewi Turquiouse. Gunung Cho Oyu bertugas sebagai gunung pembatas wilayah Cina dengan Nepal. Gunung yang tinggi ini termasuk gunung yang tidak sulit untuk didaki oleh para penjelajah.

Dengan kemudahan untuk mendaki, gunung Cho Oyu menjadi gunung yang sering dijadikan tujuan pendakian oleh sejumlah penjelajah. Para pendaki juga bisa melakukan beberapa olahraga di gunung ini antara lain ski dan snowboarding. Menurut catatan, sudah lebih dari 1.000 pendakian yang pernah dilakukan di gunung Cho Oyu.

Baca lanjutannya: Menjulang ke Langit, Inilah 10 Gunung Tertinggi di Dunia (Bagian 2)

Related

Nature 368711436943943600

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item