Menjulang ke Langit, Inilah 10 Gunung Tertinggi di Dunia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Menjulang ke Langit, Inilah 10 Gunung Tertinggi di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Makalu, Nepal (8.481 meter)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Nepal menjadi negara dengan jumlah gunung tinggi yang banyak. Kali ini gunung yang tingginya 8.481 meter bernama Makalu yang akan kita bahas. Makalu adalah gunung tertinggi ke-5 yang ada di dunia. Berlokasi di Mahalangur Himalaya, sekitar 19 km di tenggara Moun Everest. Gunung tinggi ini yang memisahkan Nepal dan Cina.

Bagi para pendaki, gunung Makalu selalu menjadi tantangan yang berharga untuk ditaklukan. Hanya 5 dari 16 percobaan yang berhasil dilakukan. Berita terakhir ada seorang anak muda asal India yang berhasil mendaki ke puncak gunung Makalu. Dia adalah Arjun Vajpai, dialah yang menjadi pendaki gunung termuda yang bisa menaklukan Makalu.

Lhotse, Tibet (8.516 meter)

Gunung tertinggi ke-4 ini adalah gunung Lhotse yang berada di Tibet, Cina. Lhotse sendiri terbagi menjadi 3 bagian yakni Lhotse Middle yang berada di sebelah timur dan Lhotse Shar. Hanya Lhotse bagian selatanlah yang menjadi bagian yang paling tinggi dengan ketinggian 8.516 meter di atas permukaan laut.

Gunung yang membatasi antara Tibet dengan Khumbu ini menjadi gunung yang cukup sulit untuk didaki. Jalan yang sempit menjadikan perjalanan menuju puncak gunung menjadi sulit. Lthose pertama kali ditaklukan oleh Ernst Reiss dan Fritz Luchsinger pada tahun 1956. Kedua orang tersebut termasuk dalam sebuah grup ekspedisi asal Swiss.

Kangchenjunga, Nepal (8.586 meter)

Menjadi gunung tertinggi ke-3 di dunia dimana sebagian gunungnya ada yang terletak di Nepal dan sebagian lainnya terlekan di Sikkim, India. Kangchenjunga yang sering dieja menjadi Kanchenjunga ini memiliki ketinggian 8.586 meter di atas permukaan laut. Gunung yang berada di Nepal tersebut pertama kali didaki pada 25 Mei 1955 oleh grup ekspedisi Inggris yakni Joe Brown dan George Band.

Sayangnya mereka berdua tidak benar-benar menaklukan gunung Kangchenjunga sampai ke puncaknya. Salah satu kerajaan di Sikkim yang bernama Chogyal mengatakan bahwa puncak gunung harus tetap suci dengan tidak boleh sembarangan orang boleh menginjakan kaki disana. Oleh karena itulah tidak ada pendaki yang benar-benar pernah sampai ke puncak gunung.

K2, Cina (8.611 meter)

Gunung dengan tinggi 8.611 meter di atas permukaan laut ini juga dikenal dengan nama gunung Godwin-Austen dan gunung Chhogori. Adalah gunung tertinggi ke-2 setelah Mount Everest. Berada di perbatasan Cina dan Pakistan, K2 terkenal sebagai gunung yang sulit untuk didaki. Pendaki yang mencoba mencapai puncak gunung harus bertaruh nyawa untuk bisa mendakinya.

Gunung K2 merupakan gunung dengan resiko kecelakaan tertinggi yang ada di dunia. Jika musim salju tiba, tidak ada seorangpun yang berani untuk mendakinya, Orang yang pertama kali menaklukan puncak gunung K2 adalah orang asal Italia yang bernama Ardito Desio. Menurut acara dokumentari BBC, Desio beserta timnya berhasil mencapai puncak gunung K2 pada tahun 1954.

Mount Everest, Nepal (8.848 meter)

Semua orang sudah pasti tahu siapa gunung yang keluar sebagai juara gunung tertinggi di dunia., gunung tersebut adalah Mount Everest. Berlokasi di Nepal, Mount Everest mengalahkan gunung lainnya dengan tinggi yang mencapai 8.848 meter di atas permukaan laut. 

Dengan statusnya sebagai gunung tertinggi di dunia, tentu saja memikat hati para pendaki untuk bisa mencapai puncak gunung.

Pendakian menuju puncak gunung Mount Everest tidaklah mudah. Karena Nepal memiliki batasan yang cukup ketat akan pengunjung dari luar, maka para pendaki berusaha mencapai puncak gunung melaui beberapa rute. Salah satu rute yang digunakan para pendaki adalah melalui Tibet. Tapi tetap saja rute untuk mencapai puncak gunung bukanlah rute yang mudah.

Related

Nature 1463110732033051671

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item