Minyak Cengkeh Ternyata Bisa Membantu Mengatasi Sakit Gigi


Naviri Magazine - Bangsa kita merupakan salah satu penghasil rempah, salah satunya adalah cengkeh. Tanaman tropis yang berasal dari Maluku ini sudah banyak dibudidayakan untuk diambil bunga dan minyaknya.

Minyak cengkeh (eugenia aromatica) dapat dihasilkan dari penyulingan serbuk kuntum cengkeh kering (cleve oil), serbuk tangkai kuntum cengkeh (clove stem oil), dan daun cengkeh kering (clove leaf oil).

Sifat kimiawi dan efek farmakologis dari cengkeh adalah hangat, rasanya tajam, aromatik, berkhasiat sebagai perangsang (stimulan), antiseptik, peluruh kentut (icarminative), anestetik lokal, menghilangkan kolik, dan obat batuk. Kandungan kimia pada cengkeh adalah karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, lemak, protein, dan eugenol.

Sebagai obat tradisional, cengkeh memiliki khasiat mengatasi sakit gigi, sinusitis, mual dan muntah, kembung, masuk angin, sakit kepala, radang lambung, batuk, terlambat haid, reumatik, campak dan lain-lain. 

Untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang, sumbatlah gigi yang berlubang itu dengan kapas yang telah ditetesi dengan minyak cengkeh. Atau, ambillah 10 butir cengkeh, kemudian disangrai sampai halus, kemudian masukkan pada gigi yang berlubang, lalu tutuplah dengan kapas. Lakukan hal ini dua kali sehari, dan sakit gigi Anda pun akan segera pergi.

Related

Tips 2382468724517165638

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item