Panduan Bijak Membelanjakan THR (Tunjangan Hari Raya)

Naviri Magazine - Setiap menjelang hari raya, biasanya para pekerja memperoleh uang THR atau Tunjangan Hari Raya. Pasti benak Anda membayang...


Naviri Magazine - Setiap menjelang hari raya, biasanya para pekerja memperoleh uang THR atau Tunjangan Hari Raya. Pasti benak Anda membayangkan banyak hal yang akan Anda lakukan dengan bonus lebaran yang kini ada di tangan. 

Apa saja yang akan Anda lakukan? Sebelum memutuskan kemana saja uang THR itu akan melayang, berikut sejumlah tips yang mungkin saja berguna untuk Anda.

Gunakan untuk membayar hutang

Mengalokasikan dana THR untuk melunasi hutang berarti meringankan beban hutang di tahun mendatang. Apalagi jika masa jatuh tempo dan bunga hutangnya berlipat. Saat melunasi hutang, prioritaskan yang bunganya besar, misalnya cicilan rumah dan kendaraan. Setelah itu, bayarlah hutang yang bunganya lebih kecil. 

Banyak orang yang merasa sayang untuk membelanjakan uang THR sebagai pembayar hutang. Namun, konsultan keuangan menganggap prioritas membayar hutang lebih bijaksana. 

Banyak pula yang tertarik untuk menginvestasikannya. Pilihan menginvestasikan dana THR bisa dilakukan jika hasilnya lebih besar dari bunga hutang. Namun kebanyakan tidak demikian.

Tabung sebesar mungkin

Biasakan menabung setiap dana yang berlebih dalam satu bulan penghasilan. Jika mungkin, tabungkan dana THR Anda sebanyak mungkin. Idealnya, THR seharusnya bisa membuat Anda makin banyak menabung, bukan semakin besar membelanjakannya. 

Fokuskan diri Anda untuk membeli produk investasi. Masukkan tabungan, buka deposito, beli emas, masukkan reksadana.

Belilah produk yang awet dan tahan lama

Sebagian dana THR Anda bisa digunakan untuk membeli produk yang awet. Jika Anda mengidamkan furnitur baru yang sudah lama Anda inginkan, dana THR bisa Anda gunakan. Atau ingin merenovasi rumah? Perhitungkan dengan baik dana yang bakal dikeluarkan.

Gunakan sisanya untuk memenuhi kebutuhan lebaran

Siapkan makanan, siapkan kue suguhan, siapkan angpau-angpau kecil untuk saudara atau keponakan kalau memang dibutuhkan. Tapi ingat, jangan berlebihan. Batasi pengeluaran lebaran Anda sampai sekitar 1,5 hingga 2,5 kali pengeluaran bulanan Anda. Lebih dari itu, Anda akan terjebak menjadi jor-joran. Sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Tenang saja, tahun depan masih ada lebaran.

Tips belanja untuk hari raya

Uang THR biasanya juga digunakan untuk berbelanja keperluan hari raya, mulai dari baju, keperluan rumah, sampai aneka makanan dan jajan yang biasa disuguhkan pada hari raya. 

Membawa banyak uang THR ke sawalayan bisa jadi membuat kita “hilang akal”, hingga membelanjakan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Apalagi menjelang hari raya biasanya aneka barang digelar di berbagai tempat, khususnya di swalayan, dan sangat menggoda mata kita.

Bila sudah berada di pasar swalayan maupun pusat perbelanjaan dengan aneka pilihan produk, biasanya para ibu kerap kebingungan, terutama yang tidak terlalu disiplin. Akibatnya, barang-barang yang tak dibutuhkan secara mendesak pun turut dibeli.

Anggaran untuk merayakan perayaan besar seperti hari raya tentunya cukup tinggi. Sehingga, yang tak perlu, lebih baik ditunda pembeliannya. Caranya antara lain adalah:

Susunlah daftar prioritas barang atau jasa yang hendak Anda konsumsi dari rumah atau kantor sebelum Anda berkunjung ke pusat-pusat perbelanjaan.

Pilihlah kebutuhan untuk perayaan hari raya sesuai konteks keberadaan Anda.

Jika Anda melakukan perjalanan ke luar kota, mudik misalnya, konsumsi belanja penganan dan kue-kue perlu dilakukan.

Tetapi jika Anda berencana melakukan perjalanan ke luar kota menjelang dan selama liburan hari raya, Anda tak perlu berbelanja produk-produk konsumsi yang cepat basi.

Gunakan uang tunai hanya jika gerai perbelanjaan yang Anda kunjungi tidak menerima transaksi non-tunai.

Selain itu, manfaatkan kartu kredit Anda yang kebetulan sudah dilunasi tagihannya, sehingga bisa digunakan secara maksimal kembali selama liburan hari raya.

Related

Tips 2298827848045565014

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item