Patut Bangga, Ini 10 Produk Indonesia yang Sukses Diekspor ke Luar Negeri (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Patut Bangga, Ini 10 Produk Indonesia yang Sukses Diekspor ke Luar Negeri - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Gas Petroleum

Gas petroleum atau yang dikenal dengan nama LPG adalah produk yang juga sukses dieksport oleh Indonesia. Untuk menangani produksi gas LPG ini, pemerintah secara khusus memberikan perintah pada perusahaan milik negara Pertamina untuk mengolah dan mendistribusikannya. Setidaknya ada 5 negara yang diketahui menjadi target eksport gas ini yakni Jepang, Korea Selatan, Cina, Thailand, dan Filipina.

Namun ada hal yang menjadi sorotan utama dari pemerintah Indonesia. Meskipun eksport gas petroleum memberikan untung yang besar, perlu diketahui bahwa kebutuhan rakyat Indonesia akan gas semakin meningkat. Jadi, perlu ada pembatasan dalam hal eksport. Pembatasan ini bertujuan agar rakyat tetap dapat menikmati hasil produk dalam negeri.

Minyak Kelapa Sawit

Kelapa sawit tumbuh subur di daerah Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Di Asia, salah satu produsen sekaligus eksportir terbesar minyak kelapa sawit adalah negara kita sendiri yakni Indonesia. Indonesia menjadi negara yang tepat untuk mengembangkan minyak kelapa sawit dikarenakan kelapa sawit membutuhkan suhu yang hangat, sinar matahari, dan hujan yang cukup untuk bisa tumbuh dengan subur.

Meskipun minyak kelapa sawit memiliki efek yang tidak bagus bagi kesehatan, tapi minyak kelapa sawit menjadi barang eksport paling sukses dari Indonesia. Tetangga Indonesia yakni Malaysia juga menjadi salah satu negara pengeksport minyak kelapa sawit kedua terbesar setelah Indonesia. 

Batu Bara

Produk Indonesia lainnya yang juga sukses diekspor ke luar negeri adalah batu bara. Batu bara Indonesia sudah dikenal memiliki kualitas yang terbukti bagus. Hampir sama dengan gas petroleum, eksport batu bara juga diharapkan untuk dibatasi. Mengingat betapa besarnya keuntungan yang dapat diraih dari eksport batu bara, banyak perusahaan yang melakukan eksploitasi besar-besaran akan kekayaan alam satu ini.

Perlu diketahui bahwa batu bara buatan Indonesia terbuat dari bahan yang spesial yakni batok kelapa yang sudah diseleksi secara teliti. Hal ini membuat batu bara kita memiliki kualitas yang tinggi dimana bisa membakar dalam jangka waktu yang lebih lama dibanding batu bara lainnya,

Minyak Mentah

Mungkin sudah banyak orang yang tahu produk apa yang paling diincar oleh banyak negara dari Indonesia. Produk itu tidak lain adalah minyak mentah. Minyak mentah merupakan kekayaan terbesar yang dimiliki oleh Indonesia. 

Minyak mentah terbentuk dari fosil makhluk hidup yang telah mati dalam jangka waktu yang lama. Minyak mentah telah menjadi sumber energi yang sangat penting tidak hanya bagi Indonesia tapi juga seluruh negara di dunia.

Penambangan minyak mentah yang dilakukan secara besar-besaran mengakibatkan stok minyak mentah yang kita miliki semakin berkurang. Bila hal ini terus dilakukan tanpa adanya kontrol, Indonesia yang awalnya menjadi negara eksportir minyak bisa berubah menjadi negara pengimport. Dari tahun ke tahun saja sudah terbukti penurunan angka eksport minyak mentah dan angka import malah meningkat.

Related

Indonesia 6805840217984565268

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item