Sangat Canggih, Ini 10 Teknologi Masa Depan yang Ternyata benar-Benar Ada (Bagian 1)


Naviri Magazine - Saat menonton film sains fiksi, dan menyaksikan teknologi-teknologi canggih di dalamnya, kemungkinan kita besar kita akan kagum, dan membayangkan, “Andai teknologi canggih semacam itu benar-benar ada di dunia nyata...”

Ternyata, ada banyak teknologi canggih yang semula hanya ada dalam film, kini telah benar-benar dapat diwujudkan di dunia nyata. Sepuluh teknologi ini di antaranya.

Virtual Reality

Dulu kita menganggap lucu setiap sutradara yang ingin mengangkat film dengan tema teknologi masa depan dimana teknologi yang digunakan adalah teknologi dimana seseorang dapat masuk dan menikmati rasanya hidup di dunia virtual. Dan salah satu film yang menggunakan teknologi virtual reality tersebut adalah film Tron di tahun 1982.

Saat ini banyak orang yang mungkin sudah tahu bahwa kini teknologi virtual reality tersebut benar-benar telah ada. Terima kasih dengan bantuan teknologi yang berkembang dengan cepat, kini manusia jadi bisa merasakan seperti apa rasanya masuk ke dalam dunia virtual. Dan salah satu alat virtual reality yang saat ini telah banyak dijual di pasar adalah Samsung Gear VR.

Medan Pelindung

Semakin canggihnya perkembangan teknologi juga dapat memberikan efek yang signifikan terhadap persenjataan perang. Kini telah banyak senjata perang canggih yang dengan kemampuan khusus dapat menghabisi musuh hanya dalam waktu yang singkat. 

Untuk mengatasi hal tersebut, perlu juga yang namanya alat pertahanan. Dan alat pertahanan yang saat ini tengah masuk dalam masa uji coba adalah medan pelindung atau yang dikenal dengan nama force fields.

Demi bisa bertahan dari canggihnya senjata musuh, para pasukan militer juga menginginkan sistem pertahanan canggih yang bisa menghalau senjata musuh. 

Setelah sekian lama mengimpikan tentang medan pelindung seperti yang ada di film, para ilmuwan asal Inggris telah menciptakan sebuah medan pelindung yang terbuat dari gelombang elektromagnetik. Oleh para ilmuwan tersebut, medan pelingdung tersebut bisa melindungi pasukan dari segala macam serangan.

Hologram

Salah satu teknologi masa depan yang banyak orang idam-idamkan adalah hologram. Jika kalian pernah menyaksikan film salah satu superhero Marvel paling terkenal yaitu Iron Man, maka kalian menemukan banyak sekali penggunaan teknologi hologram. Banyak orang yang hanya percaya bahwa teknologi hologram hanya bisa dilihat di film-film, tapi kenyataannya adalah saat ini teknologi hologram bukan lagi hanya sebatas mimpi.

Sebuah perusahaan bernama Asukanet pernah mendemonstrasikan sebuah hologram interaktif di acara CEATEC pada tahun 2013. Asukanet menciptakan sebuah alat yang bisa menampilkan hologram dinamakan Aerial Imaging Plate. Pada acara itu, Asukanet menampilkan sebuah hologram interaktif dimana para pengunjung bisa melakukan interaksi dengan hologram tersebut layaknya berinteraksi dengan benda nyata.

Senjata Laser

Di film agen rahasia 007 James Bond yang selalu menampilkan senjata canggih, salah satunya adalah senjata laser. Kehebatan senjata laser dapat digunakan untuk membunuh atau bahkan menembus objek padat.Jika kalian mengira bahwa senjata laser hanya terdapat dalam film Hollywood, maka kalian salah besar. 

Lagi-lagi dunia harus berterima kasih berkat majunya perkembangan teknologi saat ini, senjata lasert tersebut bukan hanya lagi bisa tampil di film. Adalah sebuah senjata militer paling canggih yang pernah dibuat bernama The Laser Avenger yang menggunakan teknologi senjata laser. 

Senjata militer tersebut dibuat pada tahun 2009 dan dilengkapi dengan senjata laser. Senjata laser tersebut dikatakan memiliki panas 20 kali lipat daripada kompor listrik dan dapat memotong peluru altileri.

Baca lanjutannya: Sangat Canggih, Ini 10 Teknologi Masa Depan yang Ternyata benar-Benar Ada (Bagian 2)

Related

Technology 7928405601275584496

Recent

item