Sangat Jarang Kena Hujan, Inilah 10 Tempat Paling Kering di Dunia (Bagian 1)

Naviri Magazine - Rata-rata tempat di bumi mendapat curah hujan yang cukup, sehingga permukaan tanah pun relatif basah. Ketika hujan turun,...


Naviri Magazine - Rata-rata tempat di bumi mendapat curah hujan yang cukup, sehingga permukaan tanah pun relatif basah. Ketika hujan turun, air yang jatuh akan meresap ke dalam tanah, dan menjadikan tanah itu relatif subur. Dari tanah yang mengandung air semacam itu, pohon-pohon bisa tumbuh, karena mendapat asupan air yang cukup.

Sayangnya, tidak semua tempat di permukaan bumi mendapat curah hujan yang cukup, sehingga tanahnya sangat kering. Sebegitu kering, sampai pohon-pohon tidak bisa tumbuh di sana. Karenanya, tempat-tempat yang sangat jarang kena hujan biasanya juga berupa padang pasir yang tandus dan kering. Terkait hal itu, berikut ini sepuluh tempat paling kering di muka bumi.

Aoulef, Algeria - Curah Hujan per Tahun 12,19 mm

Adalah sebuah kota kecil yang menjadi salah satu tempat terkering di dunia. Kota Aoulef memiliki iklim padang pasir yang cukup panas. Musim panas di kota tersebut jauh lebih panjang daripada musim dinginnya. Jelas saja ini membuat Aoulef menjadi salah satu tempat terpanas di dunia. Ditambah lagi dengan jarangnya turun hujan di kota tersebut.

Aoulef memiliki curah hujan per tahunnya sebanyak 12,19 mm. Sepanjang tahunnya, langit kota Aoulef jarang sekali terlihat berawan. Ketika siang hari, Aoulef bisa mencapai suhu 500 Celcius, itu ketika musim panas sedang berlangsung. Di malam hari, suhu kota Aoulef mencapai 300 Celcius. Tidak kalah panas rupanya.

Pelican Point, Namibia - Curah Hujan per Tahun 8,13 mm

Pelican Point dikenal oleh dunia sebagai salah satu lokasi berseluncur yang sangat populer. Banyak sekali peselencur yang menganggap Pelican Point adalah surga berseluncur. Hal berikutnya bisa dibilang terdengar mengejutkan tapi Pelican Point adalah salah satu tempat terkering di dunia.

Terkenal sebagai tempat paling sempurna untuk berseluncur, Pelican Point memiliki curha hujan yang sangat rendah yakni 8,13 per tahun. Meskipun masuk ke dalam daftar tempat terkering di dunia, Pelican Point tetap bisa menjadi magnet bagi para peseluncur dari berbagai belahan dunia.

Iquique, Chili - Curah Hujan per Tahun 5,08 mm

Kita perlu sadar bahwa setiap kota memiliki keunikannya tersendiri. Tidak semua kota diberikan iklim yang seimbang. Ada kota yang sangat jarang dituruni hujan dan kota tersebut adalah Iquique. Kota yang berada di Chili ini merupakan kota penting di Chili yang menjadi kota pelabuhan. Dikelilingi oleh Padang Atacama di bagian barat.

Sebagai informasi, Iquique hanya memiliki curah hujan 5,08 mm setiap tahunnya. Menjadikannya kota yang sangat kering di Chili. Senasib seperti Pelican Point, meski kota ini sangat kering, Iquique diberi berkah lain yakni pantai yang berlimpah. Meski cuaca panas dan jarang hujan, setidaknya turis masih bisa menikmati pantai Iquique yang indah.

Wadi Halfa, Sudan - Curah Hujan per Tahun 2,45 mm

Wadi Halfa adalah sebuah kota yang terletak di tepi Danau Nasser, Sudan, Afrika. Disana terdapat sebuah gurun yang bernama Nubian.Kota Wadi Halfa sendiri hanya memiliki sekitar 15.000 penduduk. Tidak banyak penduduk karena kota ini memang dikenal sangat kering.

Bayangkan saja, curah hujan di kota ini hanya 2,45 mm per tahunnya. Jelas saja membuat Wadi Halfa sangat kering. Udara di kota tersebut juga sangat kering akibat pengaruh dari gurun dan juga iklimnya yang memang panas.

Ica, Peru - Curah Hujan per Tahun 2,29 mm

Ica berlokasi tepat di dekat Sungai Ica, sekitar 300 km di selatan kota Lima, Peru. Berdekatan dengan Ica, terdapat padang pasir yang cukup luas yaitu Atacama. Berada dekat dengan padang pasir jelas saja membuat kota Ica beriklim padang pasir yang sangat panas. Curah hujan di kota ini hanya 2,29 mm per tahun.

Tapi menurut pada ilmuwan, kota ini dulunya tidak sekering seperti sekarang. Terbukti dengan adanya fosil pinguin setinggi 1,5 meter. Penelitian yang dilakukan juga menemukan hasil yang sangat mengejutkan yaitu ditemukannya sejumlah pinguin purba di daerah yang sama.

Baca lanjutannya: Sangat Jarang Kena Hujan, Inilah 10 Tempat Paling Kering di Dunia (Bagian 2)

Related

Nature 5057664977289489265

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item