Sering Dikonsumsi, 10 Buah Ini Ternyata Mengandung Racun Berbahaya (Bagian 1)


Naviri Magazine - Buah-buahan adalah makanan yang dianjurkan agar sering kita konsumsi, karena memiliki manfaat bagi kesehatan. Meski begitu, mungkin tidak semua orang tahu bahwa sebagian buah-buahan yang sering dikonsumsi manusia ternyata mengangung racun berbahaya.

Buah-buah tertentu yang mengandung racun membutuhkan perhatian saat mengonsumsinya, agar terhindar dari kemungkinan yang bisa berbahaya. Sepuluh buah berikut ini di antaranya. 

Ackee

Mungkin kalian yang tinggal di Indonesia, tidak begitu mengenal dengan buah yang bernama ackee ini. Tapi buah ini sangatlah terkenal dan merupakan buah asli yang tumbuh di daerah Afrika Barat. Ackee ini merupakan buah nasional negara Jamaica. Buah yang menjadi buah favorit di Afrika Barat tersebut ternyata memiliki racun yang sangat mematikan.

Tumbuhan ackee bisa tumbuh dengan ketinggian 12 m di atas permukaan tanah. Di Afrika, buah ackee dikenal sebagai buah yang bagus dikonsumsi untuk diet. Tapi memakan buah ackee yang belum mentah adalah suatu hal yang sangat beresiko. 

Buah ackee yang belum matang mengandung zat hypoglycerin, sembarangan memakan buah ini bisa mengakibatkan muntah-muntah, koma, dan pada ujungnya kematian.

Pala

Buah beracun berikutnya adalah buah yang ternyata juga bisa memberikan manfaat untuk penderita diabetes dan juga hepatitis yaitu buah pala. Di Indonesia, buah pala telah menjadi buah favorit sejak era perdagangan Romawi. Siapa yang menyangka bahwa buah yang memiliki banyak manfaat ini ternyata juga memiliki racun berbahaya bagi manusia.

Buah pala mengandung zat adiktif yang disebut dengan myristicine. Zat ini bisa mengakibatkan orang untuk mengalami muntah-muntah, berkeringat, pusing, halusinasi, dan sakit kepala. Sempat ada kasus dimana sekelompok remaja yang berhalusinasi karena memakan terlalu banyak buah pala. Percayalah, halusinasi yang diakibatkan oleh buah ini bukan halusinasi yang menyenangkan.

Jathropa

Di India, sudah banyak sejumlah kasus dimana anak-anak dan dewasa masuk rumah sakit dikarenakan mengkonsumsi buah jathropa. Berkat reputasinya, buah jathropa mendapat juluan "Black Vomit Nut". Julukan tersebut diberikan karena efek buah jathropa yang bisa mengakibatkan muntah-muntah, mual, dan diare.

Singkat kata, buah jathropa ini adalah buah yang sempurna untuk membuat orang menjadi sakit perut. Hanya saja rasa sakit yang diakibatkan karena memakan buah ini sangatlah parah. Apabila tidak mendapatkan penangan dengan cepat, orang bisa mengalami diare yang parah dan bisa juga mengakibatkan kerusakan saraf.

Aprikot

Kalian bisa sedikit merasa tenang karena tidak semua bagian dari buah apricot yang memiliki racun. Hanya bagian inti atau biji buah aprikot yang memilliki kadar racun tinggi. Biji buah aprikot yang tumbuh di wilayah Asia memiliki rasa yang sangat manis. Karena rasa manisnya tersebut, biji buah aprikot kadang bisa digunakan untuk menggantikan almond.

Minyak yang dikeluarkan dari biji buah aprikot bisa digunakan untuk minyak goreng. Namun biji buah aprikot kadang bisa memiliki rasa pahit yang sangat kuat. Biji aprikot tersebut biasa diolah menjadi selai aprikot, Italian amretto cookies, dan minuman keras. 

Jika mengonsumsinya secara berlebihan bisa memunculkan efek seperti keracunan sianida seperti mual, demam, alergi, sakit kepala, insomnia, rasa haus, lemah, dan nyeri di sendi dan otot.

Belimbing

Belimbing adalah buah unik dengan rasa yang nikmat. Mengkonsumsi buah ini dalam jumlah yang banyak tidaklah memberikan bahaya apapun, itu jika kalian dalam keadaan sehat. Lain cerita apabila kalian adalah penderita diabetes. Mengkonsumsi buah belimbing bagi penderita diabetes biar sedikit, bisa berujung pada kematian.

Buah belimbing memiliki racun sarat mematikan yang bisa mempengaruhi seluruh sistem tubuh dan juga otak. Bagi orang yang memiliki ginjal sehat, racun tersebut bisa disaring keluar. 

Tapi orang yang memiliki masalah ginjal, racun di dalam buah belimbing tidak bisa disaring dengan sempurna. Penderita diabetes yang mengkonsumsi belimbing bisa mengalami reaksi muntah, lemah cegukan,masalah psikomotorik, dan masalah mental. 

Baca lanjutannya: Sering Dikonsumsi, 10 Buah Ini Ternyata Mengandung Racun Berbahaya (Bagian 2)

Related

Health 3442573541782683653

Recent

item