Tahun 2036, Eropa Bisa Hancur Lebur karena Terhantam Asteroid Apophis


Naviri Magazine - Apophis adalah asteroid kelas menengah yang berada dalam jarak dekat dengan Bumi. Kemungkinan asteroid Apophis akan menabrak Bumi sangat kecil. Namun jika menabrak Bumi, Apophis bisa menghancurkan satu wilayah dengan luas seperti satu negara Eropa. 

Peneliti menghitung kekuatan Apophis jika menghantam bumi akan lebih besar daripada yang dihasilkan oleh ledakan simultan dari semua bom nuklir yang ada saat di Bumi saat ini.

Boris Shustov, direktur Institut Astronomi dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, mengatakan dampak potensial tidak diragukan lagi akan memiliki konsekuensi global. 

“Sebuah benda angkasa dengan diameter 1 atau 2 km akan menimbulkan bencana global bila menghantam bumi. Tidak peduli di mana, di laut atau di darat, konsekuensinya akan berdampak buruk,” katanya.

“Diameter Apophis hanya 270 meter, namun ia mampu melakukan kehancuran melebihi kekuatan merusak seluruh senjata nuklir di bumi, perbedaannya adalah bahwa hal itu tidak akan menghasilkan radiasi,” kata ilmuwan Rusia itu pada kantor berita Interfax. 

Namun perhitungan selanjutnya menunjukkan bahwa prediksi itu salah, dan Apophis memiliki kesempatan sangat kecil untuk bertabrakan dengan planet kita, atau satelit alami bumi kita. Namun, Apophis tetap ancaman, karena studi mendapati objek itu bisa menghantam bumi pada Maret 2036.

Related

Science 8182488148423228977

Recent

item