Terungkap, 1 dari 3 Warga Amerika Berkerabat dengan Mantan Presidennya


Naviri Magazine - Karena sebagian besar berasal dari leluhur yang sama, banyak warga AS yang masih berkerabat dengan keluarga presiden atau mantan presiden. Tak heran jika ternyata Obama adalah saudara jauh Brad Pitt, sementara Hillary Clinton berkerabat dengan Angelina Jolie.

Kekerabatan Barack Obama dengan Brad Pitt terungkap lewat situs penelusuran silsilah keluarga, Ancestry.com. Selain dengan Brad Pitt, situs tersebut juga mengungkap kekerabatan Obama dengan sejumlah pesohor di negeri Paman Sam.

Salah satu tokoh terkenal yang masih punya kekerabatan dengan Obama tak lain adalah rival politiknya sendiri, Sarah Palin. Obama dan Palin merupakan sepupu tingkat 11, dari seorang leluhur bernama John Smith, yang tinggal di Massachussets pada abad ke-17.

Dengan mantan presiden George W Bush, Obama adalah sepupu tingkat 11 yang artinya telah terpisah sebanyak 11 generasi. Sedangkan dengan istri mantan wapres Dick Cheney, Lynne Cheney, Obama juga memiliki tingkat kekerabatan yang sama, yakni 11 generasi.

Sarah Palin juga merupakan saudara jauh mantan presiden AS ke-32, Franklin D Roosevelt, dari seorang leluhur bernama John Lothrop. Sang leluhur adalah pria kelahiran Inggris tahun 1584, dan meninggal di Massachussets pada tahun 1653.

Seorang pakar genealogi dari Pennsilvania, Kimberly Powell, mengatakan bukan hal aneh jika antara warga AS saling berkerabat. Menurutnya, sedikitnya 100 juta dari populasi warga AS, yang mencapai 300 juta, punya kekerabatan dengan 1 atau lebih keluarga presiden atau mantan presiden.

"Jika seseorang punya leluhur yang merupakan pendatang dari Inggris di masa-masa awal pendudukan, besar kemungkinan orang tersebut adalah saudara jauh dari salah satu mantan presiden," ungkap Kimberly seperti dikutip dari genealogy.about.com.

Kimberly menambahkan, sebagian besar mantan presiden AS punya kekerabatan dengan salah satu anggota keluarga kerajaan di Eropa. Karena itu tak heran jika Ancestry.com juga mampu menghubungkan silsilah 2 perempuan berparas cantik, Sarah Palin dengan mendiang Putri Diana.

Risiko perkawinan antar kerabat

Terungkapnya hubungan kekerabatan di kalangan warga AS di satu sisi bisa mencegah terjadinya perkawinan antar kerabat dekat. Risiko perkawinan antar kerabat dekat adalah sulitnya mencegah penyakit-penyakit akibat kelainan genetik, seperti yang dialami para bangsawan Eropa di masa lalu.

Namun risiko menghasilkan keturunan yang cacat secara genetik bukan hanya dihasilkan dari perkawinan antar kerabat dekat. Etnis atau ras tertentu di muka bumi ini jika dikawinkan juga dapat menghasilkan keturunan yang berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan.

Risiko paling besar dari perkawinan antar etnis umumnya dipicu oleh perbedaan rhesus pada golongan darah. Ketika seorang perempuan rhesus negatif menikah dengan laki-laki rhesus positif, masalah akan timbul jika anak yang dihasilkan memiliki rhesus positif.

Sang ibu dengan rhesus negatif akan membentuk antirhesus yang bisa masuk ke sel darah merah janin. Jika hal itu terjadi, maka risikonya adalah kematian janin saat masih berada dalam kandungan.

Related

World's Fact 7873725692066327555

Recent

item