Tips Menggelar Pesta Pernikahan Tradisional atau Modern di Masa Pandemi


Naviri Magazine - Semua orang pasti setuju bahwa pernikahan hendaknya hanya dilakukan sekali seumur hidup. Sehingga hal inilah yang menyebabkan persiapan pesta pernikahan dibuat begitu sempurna. Sebab, selain sebagai hari bahagia, juga sebagai awal dari perjalanan baru bahtera rumah tangga.

Dengan demikian, banyak pasangan yang akan menikah mempersiapkan segala macam perencanaan secara matang, termasuk ketika membahas konsep pakaian dan tema pernikahan yang akan dipilih.

Tahukah kamu, bahwa saat pemilihan tema atau pakaian pernikahan menjadi waktu yang paling rumit, membingungkan, serta penuh dengan pertentangan dari sana sini? Baik dari pengantinnya atau dari keluarga besar masing-masing mempelai. Umumnya, mereka mendiskusikan mengenai tema pernikahan apa yang akan dipilih antara tradisional atau modern.

Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, ada begitu banyak pertimbangan yang membuat pemilihan konsep ini semakin sulit. Lantas, apa saja hal yang harus diperhatikan? 

Pemilihan Desain Pakaian

Biasanya, pakaian adat atau pakaian tradisional memiliki konsep yang monoton, atau dengan kata lain tidak berubah dari masa ke masa. Jadi, jika kamu dan pasangan memilih pernikahan dengan tema tradisional, pasti akan merasakan bagaimana ribetnya mengenakan pakaian tersebut.

Namun kini, pakaian tradisional sudah mulai dikembangkan menjadi lebih modern oleh banyak desainer Indonesia, khususnya dalam hal kombinasi warna. Dengan begini, kamu pun bisa lebih banyak ruang untuk berkreasi jika ingin memadukan dengan konsep modern. Simpel, tapi tetap berbudaya.

Pemilihan Konsep Warna

Sama seperti yang telah dijelaskan di atas, kini telah banyak pilihan warna yang bisa dipadukan dengan busana tradisional, termasuk dengan latar dari tempat pernikahan. Jika pernikahan tradisional identik dengan nuansa etnik, pernikahan modern lebih mengarah ke warna-warna netral seperti putih. 

Menariknya, dengan warna busana tradisional yang semakin berani, kamu dan pasangan juga bisa memadukannya dengan warna modern tadi yang terkesan lebih bersih.

Pemilihan Lokasi

Salah satu hal yang krusial ketika mengadakan pernikahan di tengah pandemi seperti sekarang adalah pemilihan lokasi. Tentu, tidak semua bisa dijadikan lokasi pernikahan saat ini. 

Padahal, jika kamu mengusung tema modern, kamu dan pasangan bisa melangsungkan pernikahan dengan konsep garden party. Dan jika kamu menggunakan konsep tradisional, kamu bisa mengadakan pernikahan di gedung.

Akan tetapi, dengan lokasi dan tamu undangan yang terbatas seperti sekarang, kamu bisa memadukan kedua konsep tersebut. Misalnya mengadakan konsep garden party dengan tema tradisional seperti kebaya, namun dilakukan secara sederhana dan dengan membatasi jumlah pengunjung serta mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Jadi, jika kamu dan pasangan bersikeras untuk tetap mengusung tema tradisional dan modern, kamu bisa mengakalinya dengan cara menggunakan pakaian adat pada saat akad nikah, kemudian baru menggunakan busana modern untuk kegiatan pesta. 

Yang jelas, berbagai kegiatan adat yang mengundang banyak kerumunan orang harus dibatasi, dan harus mengikuti semua protokol kesehatan yang berlaku.

Related

Tips 1697344514069303140

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item