Tips Mengoptimalkan Mozilla Firefox Saat Berinternet

Naviri Magazine - Pada saat ini, bisa dibilang Mozilla Firefox adalah browser yang sangat populer dan paling banyak digunakan di dunia. Sel...



Naviri Magazine - Pada saat ini, bisa dibilang Mozilla Firefox adalah browser yang sangat populer dan paling banyak digunakan di dunia. Selain memiliki kecepatan yang stabil, browser ini juga disukai banyak orang karena gratis. Setiap orang dapat menggunakannya tanpa harus membayar sepeser pun. Ini salah satu unggulan Mozilla Firefox dibandingkan browser lain.

Jika Anda juga pengguna Mozilla Firefox, berikut ini adalah beberapa tips seputar mengoptimalkan Mozilla Firefox, sehingga Anda akan semakin jatuh cinta pada browser yang satu ini.

Drag and drop

Di dalam Mozilla Firefox, banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan cara drag and drop (tarik dan jatuhkan). Di antaranya adalah yang berikut ini:

Menarik favicon (ikon khas suatu website) ke ikon “home” yang ada di Mozilla Firefox Anda (yang bergambar rumah) untuk dijadikan sebagai homepage Anda. 

Menarik suatu link atau gambar ke ikon new tab untuk membukanya di tab baru tersebut. 

Menarik sebuah link atau gambar ke kotak ‘download’ untuk langsung men-download-nya. 

Memblok suatu tulisan lalu menariknya ke search bar atau kotak pencarian (di sebelah address bar) untuk langsung mencari kata tersebut dengan search engine Google. Jika Anda menarik tulisan tersebut ke address bar dan menekan enter, maka Mozilla Firefox akan membawa Anda ke pencarian ‘I’m Feeling Lucky’ yang ada di Google, dalam arti Anda akan dibawa langsung ke halaman daftar hasil pencarian teratas. 

Keyboard shortcut

Di samping beberapa shortcut keyboard yang sudah dikenal banyak orang seperti Ctrl + T untuk membuka tab baru, Ctrl + N untuk membuka jendela baru, berikut ini ada beberapa shortcut lain yang tidak begitu populer tetapi cukup berguna dalam penggunaan Mozilla Firefox:

Ctrl + Enter: berguna untuk menambah www dan .com pada address bar. Misalnya Anda mengetik ‘berita’ dan menekan Ctrl + Enter, maka Mozilla Firefox akan membuka www.berita.com. 

Ctrl + “+” atau “-”: berguna untuk memperbesar atau memperkecil ukuran font atau huruf. 

Spacebar (tombol spasi): memiliki fungsi yang sama dengan page down, yaitu untuk menggulung layar ke bawah. 

Shift + Spacebar: memiliki fungsi yang sama dengan page up, yaitu untuk menggulung layar ke atas. 
Alt + Enter: membuat tab baru yang sama persis dengan tab yang sedang dibuka. 

Mouse shortcut

Ctrl + scroll up/down: berguna untuk memperbesar atau memperkecil ukuran font atau huruf, sama fungsinya dengan Ctrl ++/- 

Klik sebuah link dengan tombol tengah mouse, akan berfungsi untuk membuka link tersebut pada tab baru. 

Shift + scroll up/down: berfungsi sebagai navigasi antara halaman next dan previous page 

About:config

Ada banyak sekali konfigurasi yang dapat Anda edit pada halaman about:config di Mozilla Firefox. Namun jika Anda tidak terlalu paham, sebaiknya jangan terlalu berani mengutak-atik settingan yang ada di sini.

Me-restore setting toolbar setelah crash

Jika browser Mozilla Firefox Anda mengalami crash dan Anda mendapati setting toolbar Anda jadi berantakan, Anda bisa meng-klik pada View > Toolbars > Customize. Pilih ‘Restore Default Set’. Maka semua settingan akan kembali seperti semula.

Related

Tips 6751124936423932773

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item