Apa Arti Singkatan TCP/IP? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - TCP/IP adalah singkatan Transmission Control Protocol/Internet Protocol, yaitu sebuah protokol komunikasi yang pada mulanya dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. 

TCP/IP menyediakan jalur transportasi data sehingga jumlah data yang dikirimkan dari sebuah server dapat diterima oleh server lainnya. TCP/IP merupakan protokol yang memungkinkan sistem di seluruh dunia berkomunikasi pada jaringan tunggal yang disebut internet. 

Selain TCP/IP, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

HSCSD 

Singkatan dari High Speed Circuit Switched Data, yaitu penyempurnaan dan penambahan kecepatan dari protokol CSD. Suatu transfer data berkecepatan tinggi yang biasanya digunakan dalam teknologi piranti bergerak seperti telepon seluler. HSCSD dapat mencapai kecepatan transfer data hingga 14.4 Kbps.

HSDPA 

Singkatan dari High Speed Downlink Packet Access, yaitu protokol transmisi data secara downlink (menerima) dalam jaringan UMTS/HSPA.

HSF

Singkatan dari Heat Sink Fan, yaitu suatu komponen CPU yang digunakan untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari alumunium. Pemakaian atau penggunaan fan sebagai penyerap suhu ini akan meningkatkan performa kerja komputer. HSF merupakan komponen CPU yang digunakan untuk meminimalisasi panas. Dengan chipset yang tetap dingin, maka akan meningkatkan performa atau kinerja komputer. 

HSPA 

Singkatan dari High Speed Packet Access, yaitu protokol transfer data dalam jaringan UMTS.

HSPSD 

Singkatan dari High Speed Packet Switched Data, yaitu suatu protokol transfer data yang digunakan pada sistem komunikasi wireless UMTS. HSPSD lebih cepat dibandingkan WCDMA.

HSUPA 

Singkatan dari High Speed Uplink Packet Access, yaitu protokol transmisi data secara uplink (memberi) dalam jaringan UMTS/HSPA.

HTM

Salah satu jenis ekstensi file yang digunakan untuk dokumen HTML, yang mendukung hypertext. File yang berakhiran .htm tersebut sama untuk berbagai jenis sistem operasi seperti Unix, Linux, Windows, dan sebagainya.

HTML 3.2

Standar format HTML yang dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium).

HTML Banner 

Iklan berbentuk banner yang mencakup elemen-elemen HTML, seperti bentuk-bentuk interaktif atau pull-down menu.

Hub

Dalam sebuah jaringan ethernet, hub adalah sebuah device yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan komputer-komputer dan device periferal, misalnya printer, dalam jaringan.

Hub Ring

Sebuah ring datar yang terdapat pada lubang floppy disk ukuran 5.25 inci, dan berfungsi untuk meningkatkan kekuatan floppy disk. 

Hue 

Istilah yang menyatakan rangkaian warna spektrum. Hue adalah komponen yang menentukan warna apa yang digunakan. Dalam gradien, bila digunakan model warna yang menggunakan hue sebagai salah satu komponen, maka akan dapat dibuat efek pelangi. 

Hybrid Computer 

Sebuah komputer digital yang menerima sinyal analog, mengubahnya menjadi data digital, dan memprosesnya. 

Hybrid Model 

Bentuk komisi affiliate yang menggabungkan cara-cara pembayaran yang berbeda.

HydraVision 

Teknologi ATI untuk dapat menampilkan dua display dari satu kartu grafis. Fitur ini memungkinkan dua display dapat dimunculkan dengan resolusi dan refresh rate yang berbeda. 

Hype 

Singkatan dari Hyperbole, yaitu pernyataan membesar-besarkan yang disengaja untuk efek emosional. Tujuannya bukan untuk mendapatkan pemahaman yang harfiah. Istilah ini biasanya digunakan dalam aktivitas penulisan di internet (blog, chatting, dan lain-lain).

Hyper Bass

Komponen yang terdapat pada alat audio elektronik yang mensupport kualitas suara bass yang dihasilkan.

Hypermedia

Disebut juga dengan istilah Multimedia Hypertext, yaitu sebuah media yang tidak hanya memuat teks, tetapi juga graphics, sound, dan juga video.

Hypertext

Serangkaian kata pada dokumen HTML yang mempunyai hubungan (link) dengan dokumen HTML lain. Adanya hypertext memudahkan pembaca untuk meloncat dari satu informasi ke informasi lain yang saling berhubungan atau berkaitan.

Hyperthreading 

Teknologi yang dikembangkan oleh Intel untuk keluarga prosesor Pentium 4 dengan kecepatan 3 GHz ke atas. Teknologi ini memungkinkan elemen-elemen yang berbeda dari prosesor (seperti unit integer, pemrosesan grafis, dan floating-point untuk kalkulasi yang kompleks) dapat aktif dalam waktu yang bersamaan. 

Related

Technology 4796855695845466632

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item