Apa sih Prosesor itu? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Prosesor atau processor, disebut juga mikroprosesor atau CPU, adalah otak pada komputer. Prosesor membaca intruksi dari perangkat lunak dan memerintahkan pada bagian komputer lain mengenai apa yang harus dilakukan atau dikerjakan. 

Kecepatan dimana CPU memproses informasi secara internal diukur dalam Megahertz (MHz) dan Gigahertz (GHz). 1 GHz sama dengan 1000 MHz, dan umumnya semakin tinggi ukuran MHz atau GHz prosesor, maka semakin tinggi pula kemampuan komputer dalam menjalankan aplikasi produktivitas, komunikasi, ataupun hiburan.

Selain Prosesor, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Grouped Record 

Dua atau beberapa record yang diletakkan bersama-sama dan dikenal oleh kunci tunggal. Tujuan dari pengelompokan record ini adalah untuk menghemat ruang penyimpanan dan mempercepat waktu pengaksesan. 

Group Indicate 

Mencetak informasi hanya dari record pertama di setiap kelompoknya. 

Grouping 

Cara membagi data menjadi kelompok-kelompok yang saling berkaitan dan memiliki ciri yang sama. 

Grouping of Records 

Metode untuk menghemat ruang penyimpanan dan mempercepat waktu pengaksesan dengan cara mengelompokkan beberapa record tertentu. 

Group Mark 

Karakter pemberi sinyal sebagai tanda awal dan akhir dari suatu blok data. 

Group Separator 

Salah satu karakter kendali dalam transmisi data, berfungsi untuk memisahkan beberapa kelompok record. 

Groupware 

Perangkat lunak yang memberi dukungan pada pengguna jaringan LAN untuk menggunakan suatu objek secara bersama. 

GSM 

Singkatan dari Global System for Mobile Communication, yaitu seluler digital atau standar PCS yang digunakan di seluruh dunia. GSM merupakan suatu sistem komunikasi wireless 2G. Frekuensi yang dapat digunakan dalam GSM adalah 850 Mhz, 900 Mhz, 1800 Mhz, dan 1900 Mhz.

GSR

Singkatan dari Global Search and Replace, yaitu suatu fungsi yang berguna untuk penyuntingan teks dalam program pengolah kata. Teks akan dianggap sebagai kombinasi karakter, dan masing-masing kombinasi akan diganti dengan karakter lain yang telah ditetapkan oleh pengguna. 

Gtalk

Singkatan dari Google Talk, yaitu layanan yang diberikan Google untuk penyampaian suara melalui IP dan instant messaging, dan menggunakan open protocol XMPP. Google Talk versi beta dirilis pada bulan Agustus 2005, dan pertama kali tersedia untuk sistem operasi Windows 2000, XP, dan 2003.

Guaranted Delivery Service 

Layanan pengiriman paket data yang dijamin lapis atau sublapis tertentu dalam model OSI. 

Guard Signal 

Sinyal yang digunakan dalam proses pengubahan data digital ke analog atau sebaliknya untuk menghindari kesalahan yang membingungkan. 

Guerrilla Marketing

Teknik marketing yang dianggap mampu menghasilkan pendapatan maksimum dengan jumlah pengeluaran minimum.

Guestbook 

Fasilitas interaktif dalam sebuah halaman web yang mengijinkan pengunjungnya untuk menulis pesan. 

Guest Computer

Sebuah komputer yang menerima koneksi dari komputer lain, yang ditunjuk sebagai host komputer.

GUI 

Singkatan dari Graphical User Interface, yaitu tampilan menu suatu program komputer dengan mode grafis. Termasuk dalam GUI adalah icons, pull-down menus, dan mouse. GUI dapat dikatakan sebagai cara standar yang umum digunakan oleh pengguna komputer untuk berinteraksi dengan PC-nya. Tiga GUI utama adalah Windows, Macintosh, dan Motif.

Guide Edge 

Panduan penentuan sisi dari kertas cetak atau media lain untuk meratakan letak objek yang akan dicetak. 

GUIDPE

Singkatan dari Guidance for Users of Integrated Data Processor Equipment, yaitu petunjuk bagi pengguna peralatan pengolahan data terpadu. 

GUPC

Singkatan dari General User Privilege Class, yaitu sub kelompok CP command yang memungkinkan pengguna memanipulasi dan mengendalikan mesin virtual.

Gutter 

Dalam lingkungan pengolah kata, pilihan ini digunakan untuk memberi jarak pada kertas sebagai lipatan penjilidan buku. 

GW BASIC

Versi bahasa pemrograman BASIC untuk komputer dengan MS-DOS yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation.

Related

Technology 5078358268925454272

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item