Benarkah Menag Yaqut Cholil adalah Mualaf dari Kristen Radikal? Ini Faktanya


Naviri Magazine - Beredar sebuah pesan berantai yang menyebutkan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, adalah seorang mualaf dari Kristen radikal. Dalam narasinya, Gus Yaqut disebut berpura-pura mualaf.
 
Berikut narasi pesan berantai yang beredar.

"Siapa Yaqut Cholil, Mereka dari kelompok Kristen radikal yang berlindung di balik Gereja katedral Jakarta, Pion dari zionis AS (1996) berpura pura menjadi Mualaf, Dengan berkedok Mualaf untuk bisa diterima di kalangan NU Jatim menyusup ke kader PDIP jadi kader koloni dgn Banser Ansor yang disetel oleh taipan James Riady dan Hendra Priyono, Ingat Ahmadiyah dulu Yaqut Cholil salah satu tokoh pendukung Ahmadiyah 2004, Akrab dengan PBNU dan dipersiapkan untuk jadi ketua umum Ansor 2014 yang lalu.”

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran tim cek fakta, klaim Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas adalah seorang mualaf dar Kristen radikal adalah salah. Faktanya, Yaqut Cholil Qoumas adalah putra KH Cholil Bisri keluarga pendiri Nahdhatul Ulama (NU).
 
Gus Yaqut. sapaan akrabnya. lahir di Rembang, 4 Januari 1975. Ia tumbuh di lingkungan relijius, yakni di Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah. Ia dibimbing dan dibina langsung ayahandanya yang merupakan ulama terkemuka asal Rembang, KH Cholil Bisri, kakak KH Ahmad Mustofa Bisri. 

Di samping aktif berkegiatan di pesantren, ia juga menempuh studi di pendidikan umum, mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Studi perguruan tingginya juga ia tempuh di kampus umum, yakni Universitas Indonesia (UI) pada jurusan Sosiologi.
 
Aktivitasnya di tengah masyarakat sudah lama digelutinya. Saat menempuh studi di UI, ia juga aktif di organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Depok sebagai salah seorang pendiri.
 
Gus Yaqut menjabat sebagai Ketua GP Ansor (2011-2016), organisasi sayap Kepemudaan dari Nahdlatul Ulama. Gus Yaqut pernah menjadi legislator di DPRD Kabupaten Rembang pada tahun 2005 dan Wakil Bupati Rembang periode 2005-2010. 

Lahir dari keluarga pendiri dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU), sejak muda ia sudah aktif berorganisasi dan mendirikan Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Depok (1996-1999).
 
Kesimpulan:

Klaim Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas adalah seorang mualaf dar Kristen radikal adalah salah. Faktanya, Yaqut Cholil Qoumas adalah putra dari KH Cholil Bisri keluarga pendiri Nahdhatul Ulama (NU).
 
Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

Related

News 3036747432192724903

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item