Biar Tidak Bingung, Ini Arti dan Maksud 10 Singkatan Populer di Media Sosial (Bagian 1)


Naviri Magazine - Ketika mengakses media sosial di internet, hampir bisa dipastikan kita akan mendapati aneka singkatan yang terselip di antara percakapan orang per orang. Bisa jadi, kita bengong dan bingung mendapati aneka singkatan itu, karena tidak tahu artinya.

Munculnya singkatan-singkatan di media sosial umumnya ditujukan untuk menyatakan suatu maksud dengan cara singkat. Tentu, untuk memahami maksud tersebut, kita harus tahu arti singkatan yang dituliskan. Biar tidak bingung, berikut ini uraian arti atau maksud dari sepuluh singkatan yang populer di media sosial.

NSFW - Not Safe For Work

Pernahkah kalian mendapatkan atau membaca komentar atau apapun itu yang mengatakan "NSFW"? Perlu kalian tahu, NSFW merupakan kependekan dari Not Safe For Work. Artinya, tidak aman untuk dibuka di kantor atau tempat umum lainnya dimana orang bisa melihat postingan tersebut.

Kalian tahu, ada banyak hal yang tidak pantas untuk dibuka di tempat umum. Bukan hanya konten dewasa saja, bisa saja hal pribadi, gambar yang mengerikan, dan lain sebagainya. Karena itulah di postingan tersebut ditambahkan keterangan NSFW. 

Jika kalian menemukan postingan NSFW, diharapkan kalian menyimpannya saja dan membukanya ketika kalian sedang sendiri.

IRL - In Real Life

Jangan bingung dulu apabila di suatu ketika kalian chating dengan orang lain, lalu mereka mengatakan IRL. Dalam bahasa Inggris, IRL adalah kependekan dari In Real Life. Dalam bahasa Indonesia berarti, di kehidupan nyata. Sebuah kalimat yang ingin mengatakan suatu hal yang terjadi di dunia nyata.

Selain itu, maksud dari IRL juga bisa sebagai pembanding dengan apa yang terjadi di dunia maya dengan dunia nyata. Ya, kalian harus pintar-pintar dalam membaca kalimat. Karena pengertian IRL tergantung dari topik yang dibicarakan dan kalimat sebelumnya.

IMO/IMHO - In My Opinion/In My Humble Opinion

Pernahkah kalian terlibat suatu diskusi di sosial media? Ada kalahnya dalam diskusi tersebut, ada 1 atau bahkan lebih orang yang mengatakan IMO. Apa sih IMo tersebut? IMO adala salah satu singkatan yang cukup populer di sosial media. Adalah singkatan dari In My Opinion, dalam bahasa Indonesia berarti, opini saya adalah.

Banyak orang yang lebih memilih menuliskan IMO atau IMHO sebagai pengganti In My Opinion. Baik IMO dan IMHO memiliki makna yang sama yaitu mengutarakan pendapat. Lebih pendek menuliskan IMO atau IMHO kan, daripada menuliskan “menurut pendapat saya”?

DM - Direct Message

Ada kalanya ada beberapa hal yang tidak mungkin untuk dimunculkan di sosial media. Contoh sederhana, ketika kalian sedang berusaha mendekati seseorang, lawan jenis misalnya. Dirasa menarik, kalian pasti akan mengajak berkenalan dan meminta nomor handphone untuk bisa berkomunikasi lebih lanjut. Nah, disinilah kemungkinan kata DM akan muncul.

DM yang dimaksud disini adalah Direct Message. Di setiap sosial media, facebook, twitter, instagram atau apapun itu, pasti dilengkapi dengan yang namanya fitur message. Dimana message ini memungkinkan seseorang untuk berkomunukasi secara private tanpa harus posting di wall facebook, twitter atau instagram.

Baca lanjutannya: Biar Tidak Bingung, Ini Arti dan Maksud 10 Singkatan Populer di Media Sosial (Bagian 2)

Related

Internet 1022218923873123558

Recent

item