Dari Rusia sampai Afrika, Inilah 10 Sungai Terpanjang di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Air yang ada di bumi terus menerus melewati daur ulang tanpa henti, dan sungai memiliki peran penting dalam proses daur ulang itu. Selain dalam proses daur ulang, sungai juga memiliki peran dalam menyediakan air bersih, khususnya bagi warga yang ada di sekitarnya.

Sebagai bagian dari alam, di dunia ini ada sungai yang pendek, ada pula sungai yang panjang. Sungai yang pendek biasanya hanya beberapa meter sampai puluhan meter. Sementara sungai yang panjang bisa mencapai ribuan kilometer. Terkait hal itu, berikut ini adalah sepuluh sungai terpanjang di dunia.

Sungai Amur, Argun, Rusia - 4.444 km

Sungai Amur adalah sungai terpanjang 10 di dunia dengan panjang yang mencapai 4.444 km. Dimanakah letak sungai ini berada? Sungai Amur terletak di Argun, Rusia, salah satu negara super power di dunia. Sungai inilah yang menjadi pembatas antara Rusia dengan Cina.

Sebenarnya sungai Amur yang ada di Argun ini memiliki ratusan anak sungai atau cabang. Anak sungai utama dari sungai Amur adalah Bureya, Zeya, Amgen, Shilka, Ergune, Huma, Songhua, dan Ussuri. Sungai ini menjadi surganya ratusan jenis burung, termasuk di dalamnya adalah Oriental White Stalks. Sungai juga dihuni oleh 120 jenis ikan.

Sungai Congo, Afrika - 4.700 km

Sungai yang berada di Afrika ini memiliki panjang yang mencapai 4.700 km. Selain panjang, sungai Congo diketahui memiliki kedalaman yang sangat dalam. Diperkiran bahwa sungai Congo memiliki kedalaman hingga 220 m.

Di Afrika, sungai Congo juga dikenal dengan nama sungai Zaire. Sungai ini memiliki saluran pembuangan air yang seluas 3.680.000 km2. Oh iya, sungai Congo ini juga melewati daerah hutan hujan yang ada di Afrika. Hutan hujan ini adalah hutan hujan terbesar kedua yang ada di dunia.

Sungai Parana, Amerika Selatan - 4.880 km

Sungai Parana berada tepat di tengah Amerika Selatan dengan panjangnya yang mencapai 4.880 km. Sungai ini mengaliri sejumlah negara di Amerika Selatan antara lain seperti Brazil, Paraguay, dan Argentina.

Sungai terpanjang kedua di Amerika Selatan ini meliputi saluran pembuangan air yang sangat besar. Besar saluran pembuangan air tersebut mencapai 2.582.672 km2. Nama Parana ini berasal dari bahasa Tupi yang berarti "seperti laut". Air yang mengalir si sungai Parana ini akan bermuara tepat di Samudra Atlantik.

Sungai Ob, Asia - 5.410 km

Dengan panjang yang mencapai 5.410 km, sungai yang berada di Ob ini menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia. Meliputi saluran pembuangan air seluas 2.990.000 km2, sungai ini ternyata masih merupakan bagian dari Sungai Siberian. Sungai Ob akan mengalirkan air sampai bermuara di Laut Arctic.

Dengan panjang 5.410 km, sungai Ob melalui beberapa negara besar di Asia antara lain seperti Rusia, Kazakhstan, Cina, dan Mongolia. Sungai yang disebut dengan nama Obi ini adlaah salah satu dari 2 Sungai Siberian yang bermuara di Lautan Arctic. Kedua sungai sisanya adalah Sungai Yenisei dan Sungai Lena.

Sungai Yellow, Cina - 5.464 km

Di negara asal tempat sungai berada, sungai Yellow atau sungai Kuning, disebut juga dengan nama Huang He. Di dunia, sungai Yellow ini menempati posisi 6 sungai terpanjang dunia. Tapi, di Cinanya sendiri, sungai Yellow ini adalah sungai terpanjang ketiga. Sungai Yellow atau sungai Huang He memiliki panjang mencapai 5.464 km.

Sungai Yellow meliputi saluran pembuangan air seluas 745.000 km2. Hulu sungai Yellow berada di Pegunungan Kunlun yang terletak di propinsi Qinghai. Sungai Yellow yang mengalir hingga Hekouzhen ini, oleh warga sekitar, digunakan sebagai sarana irigasi. Memiliki hulu di Pegunungan Kunlun, sungai Yellow memiliki muara di Laut Bohai.

Baca lanjutannya: Dari Rusia sampai Afrika, Inilah 10 Sungai Terpanjang di Dunia (Bagian 2)

Related

Nature 593774394433140933

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item