Ini 10 Band Rock Terkenal dan Paling Legendaris di Era ’90-an (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Band Rock Terkenal dan Paling Legendaris di Era ’90-an - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Green-Day

Green Day turut meramaikan grup band bergenre rock yang berjaya di tahun 1990an. Bergenre punk rock, Green Day pertama kali terbentuk pada tahun 1986. Saat pertama kali dibentuk, Green Day hanya beranggotakan 2 orang yaitu Billie Joe Armstrong dan Mike Dirnt.  Di tahun 1990, bergabunglah Tre Cool yang menggantikan drummer lama, John Kiffmeyer.

Album pertama yang dirilis Green Day pada tahun 1991 berjudul Kerplunk. Tiga album yang pernah dirilis Green Day yaitu Insomniac, Nimrod, dan Warning tidak mendapatkan respon baik oleh dunia. Namun, album Insomniac dan Nimrod berhasil mendapatkan double platinum. Baru di ablum American Idiot di tahun 2004, nama Green Day kembali terangkat.

Red Hot Chili Peppers

Bukan nama makanan, tapi Red Hot Chili Peppers adalah salah satu dari sekian banyak band rock ternama yang terkenal pada tahun 1990an. Red Hot Chili Peppers adalah band bergenre funk rock yang dibentuk di Los Angeles pada tahun. Karena namanya yang terlalu panjang, terkadang Red Hot Chili Peppers disingkat menjadi RHCP atau disebut The Chili Peppers.

Saat ini, RHCP terdiri dari Anthony Kiedis, Flea, Chad Smith, dan Josh Klinghoffer.  Bisa dibilang bahwa RHCP adalah grup band yang legendaris. Begitu banyak prestasi yang sudah dicetak oleh RHCP seperti 16 kali masuk nominasi Grammy Awards dimana mereka menang sebanyak 6 kali, pemegang rekor band rock dengan single yang terjual terbanyak, band rock yang paling lama bertahan di tangga lagu musik, dan lain-lain.

Metallica

Sangat keterlaluan jika anak rock tahun 90an tidak tahu dengan grup band satu ini. Metallica adalah grup band asal Amerika yang pertama kali dibentuk di Los Angeles, Amerika. Musik yang dikeluarkan oleh Metallica kebanyakan bergenre heavy metal. Saat ini member Metallica terdiri dari 4 orang yaitu Hetfield, Ulrich, Kirk Hammer, dan Robert Trujillo.

Tempo musik, instrumental, dan keagresifitas Metallica membuat mereka menjadi band penggagas musik thrash metal. Band lain yang memiliki genre sama dengan Metallica yaitu Megadeth, Anthrax, dan Slayer. Salah satu album Metallica yang paling populer sekaligus menjadi album paling berpengaruh di dunia musik metal yaitu Master of Puppets di tahun 1986.

Guns N' Roses

Di era 90an, ada sebuah band rock terkenal yang bernama Guns N" Roses, sering disingkat dengan GnR. Guns N' Roses dibentuk pada tahun 1985 di kota Los Angeles, Amerika. Di awal band ini terbentuk, Guns N' Roses memiliki anggota Axl Rose, Slash, Izzy Stradlin, Duff McKagan, dan Steven Adler.

Sejauh ini, Guns N' Roses telah merilis sebanyak 6 album studio. Bila diakumulasi, keenam album tersebut memiliki total penjualan lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia. Di dalamnya termasuk 45 juta kopi terjual di Amerika Serikat. Hal ini membuat Guns N' Roses menjadi grup band rock dengan penjualan album terbaik sepanjang masa.

Nirvana

Jika kalian bertanya pada anak yang lahir di tahun 90an, grup band rock apakah yang paling mengena di kepala mereka, ada besar kemungkinan mereka akan menjawab Nirvana. Siapa Nirvana? Nirvana adalah grup band punk rock yang mulai dibentuk pada tahun 1987 di kota Aberdeen, Amerika.

Nirvana mulai mendobrak dunia musik rock pada tahun 1991 ketka majalah musik ternama, Rolling Stone, mendeskripsikan mereka sebagai band rock yang sangat populer. Dua lagu Nirvana yang sangat populer masa itu adalah Anti Pep Rally dan Smells Like Teen Spirit. Nirvana dibentuk oleh mendiang Kurt Cobain dan Krist Novoselic.

Related

Music 3858911505547546295

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item