Ini 10 Hewan Aneh yang Hidup di Kedalaman Palung Mariana (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Hewan Aneh yang Hidup di Kedalaman Palung Mariana - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Dragon Fish

Hewan yang tinggal di laut dalam biasanya memiliki wujud yang mengerikan, Dragon fish tidak terkecuali. Berbeda dengan Gurita Dumbo yang mungkin masih bisa dianggap imut, hewan laut satu ini jauh dari kata imut. Dragon fish adalah salah satu jenis ikan yang biasa berenang di kedalaman 213 dan 1.828 meter di bawah permukaan laut.

Meski termasuk jenis ikan, Dragon fish tidak memiliki sisik seperti ikan pada umumnya. Ikan ini justru memiliki tubuh yang licin layaknya belut. Dragon fish bisa tumbuh hingga panjang 15 cm. Seperti kebanyakan hewan laut yang tinggal di laut dalam, Dragon fish memiliki bioluminescent yang membuat tubuhnya bisa bercahaya dalam gelap. Hal tersebut dimanfaatkan Dragon fish untuk melakukan kamuflase.

Goblin Shark

Hiu Goblin adalah salah satu jenis hiu yang tidak akan kamu mau temui bahkan dalam mimpi sekalipun. Bentuknya yang mengerikan, bahkan jauh lebih mengerikan daripada Great White Shark. Hiu Goblin ini adalah salah satu dari sekian banyak penghuni Palung Mariana dengan bentuk yang mengerikan.

Hiu Goblin memiliki bentuk moncong yang menonjol bagaikan sebuah pedang. Di bagian bawah moncong tersebut barulah rahang sang hiu. Baik moncong dan rahang tersebut itulah yang membuat wajah Hiu Goblin begitu jelek dan menakutkan. Biasanya, Hiu Goblin berkelana di Paling Mariana di kedalaman 914 meter.

Fangtooth Fish

Makhluk berwujud mengerikan penghuni Palung Mariana berikut ini bisa dibilang seperti ikan yang ada di film-film horror. Dinamakan Fangtooth Fish, ikan mengerikan tinggal di Palung Mariana yang dalam dan juga gelap. Fangtooth Fish masih memiliki 2 anggota keluarga yang masih berada dalam genus yang sama, dengan bentuk yang sama mengerikannya.

Fantooth Fish bisa tumbuh sampai 16 cm dengan bentuk gigi taring yang panjang. Matanya yang kecil terletak di bagian atas kepala. Untungnya ikan Fangtooth Fish ini memiliki rongga di kepalanya untuk menyimpan kedua taring panjagnya agar tidak menembus kepala. Biasa ditemukan berenang dengan bebas di kedalaman 200 sampai 2.000 meter di bawah permukaan laut.

Fanfin Sea Devil

Jika ada makhluk yang memiliki nama Devil, sudah pasti makhluk tersebut bukanlah makhluk yang menarik. Entah itu karena wujudnya yang jelek bagaikan iblis atau karena tingkat berbahayanya yang sangat tinggi. Di Palung Mariana, ada seekor ikan yang mendapatkan sebutan iblis/devil, ikan tersebut adalah Fanfin Sea Devil.

Fanfin Sea Devil atau Caulophryne Jordani adalah salah satu jenis ikan anglerfish yang memiliki bentuk yang sangat aneh. Ikan ini tinggal di laut yang paling dalam, dalam kasus ini adalah Palung Mariana. 

Seperti kebanyakan ikan Anglerfish, Fanfin Sea Devil memiliki ujung kepala yang bisa menyala karena efek bioluminiscent. Ikan betina bisa tumbuh hingga 20 cm, sedangkan yang jantan 2,5 cm.

Frilled Shark

Selain Hiu Goblin, masih ada lagi keluarga hiu yang menjadi penghuni Palung Mariana. Hiu tersebut adalah Frilled Shark. Tidak jauh berbeda dengan hiu Goblin, Frilled Shark juga tidak kalah aneh dan mengerikan. Menurut para ahli, umur hiu ini sudah sangat tua, sekitar 80 juta tahun yang lalu.

Frilled Shark memiliki tubuh sepanjang 1,8 meter, dengan insangnya yang terdiri dari 6 baris yang berjumbai. Rahang Frilled Shark dilengkapi dengan 20 baris gigi super tajam yang siap merobek daging ikan apa saja yang lewat di depannya. 

Frilled Shark biasanya menghabiskan waktunya diam di dasar lautan, 1.219 meter di bawah permukaan laut. Karena kebanyakan berada di dasar laut, sulit mencari informasi mengenai hiu satu ini.

Related

Science 6254240602021733262

Recent

item