Ini 10 Tempat Terbaik untuk Melihat Keindahan Bintang di Langit (Bagian 1)


Naviri Magazine - Milky Way, atau yang dalam bahasa Indonesia disebut Bima Sakti, adalah kumpulan bintang berukuran besar dan kecil, yang membentang dan membentuk sebuah galaksi. Bisa melihat gugus Bima Sakti adalah suatu pengalaman yang tidak terlupakan. 

Sayangnya, kita tidak bisa setiap hari menyaksikan bintang yang ada di angkasa. Hanya di beberapa tempat dengan langit yang cerah, kita bisa melihat bintang dengan jelas. Jika kalian sedang mencari tempat yang tepat untuk menikmati keindahan bintang di langit, berikut ini daftarnya.

Tenerife, Spanyol

Tenerife adalah sebuah pulau terbesar yang ada di Kepulauan Canary. Di Tenerife terdapat sebuah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Pulau Tenerife begitu diminati oleh wisatawan karena 2 hal yaitu pantainya yang masih asli dan kehidupan malamnya yang tidak pernah mati. 

Tidak hanya itu, ada satu tempat di Tenerife yang menjadi lokasi sempurna untuk memandang bintang di langit.

Tempat yang dimaksud adalah Teide National Park. Taman nasional tersebut memiliki daya tarik yang sungguh luar biasa bagi mereka yang ingin melihat jutaan bintang di langit. Beruntungnya Taman Nasional Teide karena memiliki tingkat polusi yang sangat rendah. Jika tidak, maka bintang-bintang pasti tidak akan terlihat.

Wiruna, New South Wales

New South Wales merupakan negara yang masih bagian dari Australia. Jika Australia terkenal karena hewan-hewan yang berbahaya, maka New South Wales bisa dibilang jauh lebih aman. Di sana, kalian bisa melihat pemandangan bintang di langit dengan sangat jelas. Sepertinya memang tempat ini sudah tercipta sebagai tempat untuk mengamati bintang.

Di kerumuni dengan tanaman eucalyptus, setiap tahunnya, par astronom datang ke New South Wales untuk meluangkan waktu menikmati indahnya langit New South Wales yang dipenuhi dengan bintang. Pada 2015, di New South Wales mengadakan acara South Pacific Star Party. Acara tersebut menjadi ajang untuk melihat bintang yang ada di angkasa. 

Connemara, Irlandia

Salah satu negara di Eropa Barat yang memiliki daya tarik wisata alam yang menarik dan bangunan bersejarah adalah Irlandia. Oh iya, langit di Irlandia sangatlah bersih, jauh dari polusi sehingga membuat bintang di langit atau Milky Way bisa terlihat dengan jelas. Jika ada kesempatan, mengunjungi Irlandia adalah suatu keharusan.

Di Irlandia, tempat yang paling sempurna untuk mengamati bintang di langit adalah Connemara. Connemara adalah sebuah distrik yang ada di Irlandia Barat, menghadap Atlantik. Di sana terdapat Taman Nasional Connemara yang berisikan gunung, rawa-rawa, padang rumput, dan danau. 

Connemara menjadi lokasi yang rutin dikunjungi oleh para astronomer muda. Di sana juga kalian akan mendapatkan desa kecil dengan penduduknya yang ramah.

Cherry Spring State Park, Pennsylvania

Sudah ditetapkan oleh banyak astronomer bahwa Cherry Spring State Park adalah tempat yang paling cocok untuk menikmati gugus bintang atau Milky Way. Taman negara dengan luas 33 hektar ini dikelilingi oleh Hutan Susquehannock. Ketika malam hari tiba, pemandangan menakjubkan di taman negara tersebut barulah tampak.

Di Cherry Spring State Park, terdapat area khusus yang ditujukan untuk mengamati bintang di langit yaitu Night Sky Viewing Area. Di saat langit sudah gelap, cahaya terang matahari langsung digantikan oleh gemerlap jutaan bintang yang bertebaran di langit. 

Cherry Spring State Park juga sering mengadakan acara spesial seperti menyaksikan hujan meteor Perseids di bulang Agustus.

Yosemite National Park, California

Dengan luas sebesar 3.027 km2, Yosemite National Park adalah sebuah taman besar yang berada di California, Amerika Serikat. Terbuka untuk umum pada 1 Oktober 1890, orang-orang bebas mengunjungi taman nasional ini baik itu di siang ataupun  malam hari. 

Khusus di malam hari, kalian akan berkesempatan melihat pemandangan indah yang belum tentu bisa kalian lupakan seumur hidup.

Ya, Yosemite National Park adalah tempat yang cocok untuk menikmati bintang yang ada di angkasa. Malam hari, di bawah langit yang luas, mata kalian akan melihat betapa indahnya taburan bintang yang ada di angkasa. Ada tur khusus yang disediakan di Taman Nasional Yosemite untuk bisa menikmati bintang di angkasa pada musim panas.

Baca lanjutannya: Ini 10 Tempat Terbaik untuk Melihat Keindahan Bintang di Langit (Bagian 2)

Related

Astronomy 7774482954927205218

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item