Ini 10 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kendaraan (Bagian 1)


Naviri Magazine - Membeli kendaraan, motor ataupun mobil, perlu pertimbangan yang matang. Karena, bagaimana pun, kendaraan bukan barang murah, dan kita harus menyediakan sejumlah uang dalam cukup besar untuk membelinya. 

Karenanya, sebelum membeli, kita harus benar-benar yakin dengan kendaraan yang akan dipilih. Agar setelahnya kita bisa puas mengendarai motor atau mobil yang kita miliki, dan bukan malah menyesalinya.

Berikut ini adalah sepuluh tips penting yang perlu diperhatikan saat akan membeli kendaraan. 

Test Drive

Terkadang ada orang yang mau membeli kendaraan, baik itu mobil ataupun motor tapi tidak tahu harus membeli yang mana. Apa kalian pernah mengalami hal tersebut? Meski sudah keluar masuk sejumlah dealer mobil atau motor, tapi masih belum juga menentukan mobil atau motor apa yang seharusnya dibeli.

Salah satu tips yang sekiranya bisa membantu kalian yaitu, cobalah untuk tanyakan bisa melakukan test drive atau tidak dengan salah satu kendaraan yang ada di dealer. Dengan melakukan test drive, kalian bisa tahu secara jelas, mana kendaraan yang sekiranya cocok dengan selera. Nyaman atau tidak bisa diketahui dari test drive.

Bonus

Sebelum membeli mobil atau motor, kalian perlu menanyakan segala hal tentang kendaraan tersebut. Jangan sampai kalian salah membeli atau kurang sesuatu. Banyak orang memberikan tips bahwa ketika datang ke sebuah dealer motor atau mobil, adalah hal wajar jika kita bertanya, apakah ada bonus ketika membeli kendaraan.

Motor misalnya, banyak dealer yang biasanya sudah menyertakan bonus seperti helm, jaket atau beberapa toolkit sederhana. Kalau mobil, biasanya akan diberikan toolkit, karpet, sarung jok mobil atau lainnya. 

Beberapa dealer bisa saja memberikan bonus yang berbeda ketika kalian membeli suatu kendaraan. Nah, itu juga bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan kalian nantinya.

Asuransi

Jaman sekarang, asuransi adalah hal yang sangat penting. Bukan hanya manusia saja yang harus diasuransi, tapi kendaraan juga sudah mulai diasuransi. Tips berguna untuk kalian yang mau membeli motor atau mobil, tanyakan pada dealer, apakah dealer menyediakan asuransi kendaraan atau tidak.

Jika dealer yang bersangkutan sudah ada asuransi, itu bisa memudahkan kita daripada harus capek-capek mencari asuransi lagi. Tanyakan pula bagaimana sistem pembayarannya hingga sulit atau tidaknya mengklaim asuransi. Jika ternyata asuransi dari dealer dirasa kurang memuaskan atau tidak yakin, kalian bisa memilih asuransi lain yang lebih kalian percaya.

Service dan Suku Cadang

Dalam membeli suatu kendaraan, ada banyak hal yang harus kalian perhatikan, salah satunya adalah masalah service dan suku cadang. Service dan suku cadang ini membuat seseorang jadi berpikir ulang ketika ingin membeli mobil atau motor. Tidak mau kan nantinya kalian kesulitan dalam melakukan service dan mencari suku cadang?

Beberapa mobil dan motor yang diimport dari Eropa biasanya memiliki beberapa kendala ketika mengurus service dan suku cadang. Dari yang tidak bisa mengservice di sembarang tempat dan lagi keterbatasan suku cadang. 

Lain cerita jika kalian membeli mobil atau motor yang memang diproduksi di Asia. Ambil contohnya, service mobil Toyota Innova dan suku cadangnya lebih mudah didapatkan daripada service dan mencari suku cadang BMW i8.

Desain

Membeli kendaraan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Salah membeli akan membuat kalian rugi uang dan tentunya waktu. Tidak mau kan kalian menyesal kemudian setelah salah membeli mobil atau motor? Hal lain yang menjadi pertimbangan ketika membeli suatu kendaraan adalah desain.

Pilihlah desain kendaraan yang sesuai dengan kesukaan kalian. Jika kalian sudah berkeluarga, coba pertimbangkan bersama dengan keluarga. Kira-kira, kendaraan dengan desain seperti yang sekiranya cocok untuk dibeli. 

Baca lanjutannya: Ini 10 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kendaraan (Bagian 2)

Related

Tips 5536156852497989452

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item