Ini 10 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kendaraan (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kendaraan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Kenyamanan

Mencari pasangan saja butuh yang nyaman, begitu juga dengan kendaraan. Sebelum membeli kendaraan, baik itu mobil atau motor, carilah yang posisi berkendaranya yang memang nyaman dengan kalian. Jangan sampai kalian asal beli karena terburu-buru ingin memiliki sebuah kendaraan.

Bagaimana cara mengetahui sebuah kendaraan nyaman atau tidak? Pertama, kalian bisa datangi dealer dan coba untuk menaikinya. Kedua, akan lebih bagus lagi apabila dealer memperbolehkan kita untuk melakukan test drive. Biasanya, kita sedang ada pameran mobil, konsumsen akan diperbolehkan untuk melakukan test drive kendaraan. Nah, kalian bisa manfaatkan momen tersebut.

Rajin Keliling Dealer

Ada begitu banyak mobil dan motor baru yang muncul di pasaran seakan-akan ingin membuat konsumen mudah untuk membeli, nyatanya tidak. Semakin banyak mobil dan motor dengan desain yang menarik memang membuat kita jadi banyak pilihan. Tapi, semakin banyaknya pilihan malah membuat orang jadi bingung mau membeli yang mana.

Bagi kalian yang sedang kebingungan mau membeli mobil atau motor, saran kami adalah untuk rajin-rajin keluar masuk dealer. Setiap mobil atau motor yang dijual selain memilika keunikan sendiri, harga tiap dealer pun bisa berbeda. Misalnya, harga mobil Honda Brio di dealer X bisa saja berbeda dengan harga di dealer Y. Bonus yang diberikan tiap dealer juga bisa berbeda.

Pilih Merek

Kita tinggal di jaman yang benar-benar enak sekaligus rumit. Kenapa enak? Banyak pabrikan mobil atau motor yang bermunculan di Indonesia dengan desain kendaraan yang khas dan fitur-fitur kendaraan yang canggih. Yang rumitnya adalah, terlalu banyak merk mobil atau motor membuat kita bingung mau membeli yang mana.

Sebelum membeli, ketahui dulu merk mana yang mau kalian beli. Merek mobil sangat berpengaruh terhadap harga, service, dan pencarian suku cadang. Mobil Toyota Innova jauh lebih mudah untuk di-service dan suku cadangnya juga mudah untuk dicari. 

Beda dengan BMW i8 yang service-nya harus di dealer resmi, karena mobilnya sudah elektronik. Belum lagi bila ada suku cadang yang rusak, mencarinya bisa memakan waktu.

Baru atau Bekas

Ingin membeli kendaraan? Apa kalian sudah menentukan harus membeli baru atau yang bekas? Baik membeli mobil baru atau bekas, masing-masing memiliki poin plus dan minusnya sendiri. 

Mobil atau motor bekas memang lebih murah, tapi kita harus lebih awas dalam membelinya. Ada banyak hal yang harus kita pastikan seperti kondisi kendaraan, sejarah pemakaian, jumlah kilometer, kelengkapan toolkit, dan tahun kendaraan.

Untuk kendaraan baru yang pastinya kita tidak perlu khawatir lagi karena kondisi kendaraan masih segar dari pabrik. Jika ada masalah, kita bisa langsung membawanya ke dealer untuk diservice. 

Cuma, harga kendaraan baru pastinya lebih mahal daripada kendaraan bekas. Semua pilihan kembali ke kalian sendiri. Apakah kalian mau membeli kendaraan baru atau kendaraan bekas.

Tentukan Budget

Dari sekian banyak tips membeli kendaraan yang sudah disebutkan di atas, tips atau poin paling penting yang harus kalian tentukan adalah ketersediaan uang atau budget. Ketahui seberapa besar budget yang tersedia untuk membeli kendaraan, barulah kalian bisa tentukan langkah selanjutnya.

Jika kalian ingin harga yang murah, coba menghadiri sejumlah pameran otomotif. Biasanya, pameran otomotif akan menghadirkan sejumlah kendaraan baru dengan harga yang miring. Tidak jarang juga mereka akan memberikan bonus yang banyak apabila kalian membeli di saat itu.

Related

Tips 1085973814183067454

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item