Inilah 10 Pemimpin Terkejam Sepanjang Sejarah Manusia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Inilah 10 Pemimpin Terkejam Sepanjang Sejarah Manusia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Vlad III

Vlad III atau yang dikenal dengan sebutan Vlad The Impaler merupakan seorang pangeran dari Wallachia. Berbicara soal pemimpin terkejam di dunia, Vlad III lah sosok yang tepat. Vlad III dikenal dengan metode hukumannya yang sangat mengerikan. Kekejaman dari Vlad III inilah yang menjadi inspirasi karakter Drakula.

Ada banyak metode penyiksaan yang dilakukan Vlad III terhadap musuh-musuhnya. Yang paling terkenal adalah dimana sang korban akan diikat dengan kuda, lalu kuda tersebut akan menarik tubuh sang korban ke arah sebuah kayu besar yang runcing. Kayu tersebut akan menancap di tubuh korban. 

Beberapa metode lainnya yang sering dilakukan vlad III adalah menancapkan kuku di kepala, mutilasi, membutakan mata, dan memasak manusia hidup-hidup.

Genghis Khan

Ketika membahas pemimping kejam bernama Tamerlane, sudah disebutkan nama Genghis Khan. Tamerlane sendiri mengatakan bahwa dirinya merupakan keturunan dari pemimpin kejam bernama Genghis Khan. Nah, giliran kali ini akan kita bahas seberapa kejam orang yang bernama Genghis Khan.

Genghis Khan atau Temujin adalah penemu Kerajaan Mongol. Meski dianggap sebagai pahlawan, ada pihak yang menganggap bahwa Genghis Khan adalah sosok pemimpin yang kejam dan intoleran. Genghis Khan diketahui membunuh adiknya sendiri ketika berumur 10 tahun. 

Khan juga menjadi pelaku utama pembunuhan sadis sejumlah desa. Diperkirakan sebanyak 1 juta orang meninggal dalam satu harinya akibat kepemimpinan Khan. Khan juga membunuh 3/4 penduduk di dataran tinggi Iran. Khan juga menghancurkan daerah Timur Tengah dan menghabisi semua kota besar di Eropa Timur.

Ivan IV

Ivan IV mendapatkan julukan Ivan The Terrible atas kekejaman yang ia lakukan sepanjang hidupnya. Dirinya merupakan Grand Duke Moskow pada tahun 1533 sampai 1547. Grand Duke adalah sebutan raja di Moskow pada saat itu. Ivan IV ini merupakan raja pertama dan orang pertama yang memproklamirkan Rusia.

Ivan IV disebut sebagai pemimpin yang cerdas. Tapi, dirinya juga dikenal sebagai orang yang memiliki emosi tidak stabil dan memiliki gangguan jiwa. Tidak akan ada orang yang lupa bagaimana Ivan IV membakar ribuan orang dalam penggorengan raksasa, menusuk orang, dan dirinya membuat dinding pembatas agar penduduknya tidak melarikan diri ke luar.

Mao Zedong

Mao Zedong adalah seorang pemimpin komunis dan pendiri dari Republik Rakyat Cina. Setelah Mao Zedong mendirikan Red Army, Mao Zedong mengenalkan kebijakan sewa tanah terhadap negara-negara yang dirasakan sebagai musuh.

Demi membangun negara industri, Mao Zedong meluncurkan kampanye Great Leap Forward. Kampanye ini menyebabkan kematian sekitar 20 sampai 30 juta orang. 

Mao Zedong kemudian memprakarsai revolusi kebudayaan proletar. Dimana dirinya membersihkan semua budaya elitis dan kapitalis, membunuh jutaan orang, dan menghancurkan banyak artifak Cina. Selama kepemimpinan Mao Zedong, sebanyak 40 sampai 70 juta orang meninggal karena kelaparan, perbudakan, pembunuhan masal, dan eksekusi.

Adolf Hitler

Membahas pemimpin terkejam di dunia? Tidak lengkap bila tidak memasukan nama Adolf Hitler ke dalam daftar. Adolf Hitler ini adalah seorang pemimpin asal Jerman yang sudah terkenal akan kekejamannya. Pria ini merupakan politisi asal Jerman dan ketua Nazi. Hitler menjabat sebagai kanselir Jerman tahun 1933 sampai 1945 dan diktator Nazi pada tahun 1934 sampai 1945.

Meski sudah lama meninggal, kekejaman dan nama Hitler tetap menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang. Bagaimana tidak? Karena kepemimpinannya, sebanyak jutaan orang meninggal dunia. Termasuk di dalamnya adalah pembantaian 6 juta orang Yahudi. Hitler meninggal dengan cara menembak kepalanya sendiri sembari menggigit kapsul sianida.

Joseph Stalin

Sangat sulit menentukan siapa yang menjadi pemimpin terkejam pertama di dunia. Akhirnya diputuskan bahwa nama Joseph Stalin adalah sosok pemimpin yang tidak kekejamannya tidak ada yang bisa mengalahkan karena dirinya telah ada lebih dulu daripada Hitler. Jika di Jerman ada sosok Hitler, maka Uni Soviet ada sosok pemimpin kejam bernama Joseph Stalin.

Stalin aktif dalam revolusi Bolshevik pada tahun 1917 dan menjalankan kekuasaan politik sejak itu. Di tahun 1928, Stalin menjalankan rencana 5 tahun, sebuah rencana pembangunan industri dan agrikultur. Akibat rencana tersebut, sebanyak ratusan ribu orang miskin mengalami kelaparan dan kematian. 

Semua musuh politik Stalin disingkirkan melalui Great Purge (pembunuhan secara rahasia). Stalin sendiri diketahui menghabisi orang sebangsanya melalui pembantaian, kelaparan, eksekusi, kebijakan, dan kampanye militer.

Related

History 7660150306121363693

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item