Kisah 10 Kecelakaan Mengerikan yang Terjadi Saat Pembuatan Film (Bagian 1)


Naviri Magazine - Film yang kita saksikan di layar bioskop membutuhkan proses pembuatan yang lama, biaya yang tidak sedikit, dan juga melibatkan banyak orang yang tidak kita lihat. Orang-orang yang tidak kita lihat dalam film itu biasanya para kru film, atau para pemeran pengganti sang aktor.

Dalam proses pembuatan film, berbagai hal bisa terjadi, dari syuting yang harus diulang karena belum sempurna, sampai terjadinya kecelakaan. Peristiwa kecelakaan itu kadang sampai menewaskan sang aktor atau kru film, karena berbagai penyebab. Berikut ini sepuluh kisah kecelakaan yang terjadi ketika pembuatan film.

Hewan Ternak - The Hobbit

The Hobbit merupakan film yang menceritakan kehidupan manusia kerdil atau hobbits yang diperankan oleh Martin Freeman. Dalam film arahan sutradara Peter Jackson tersebut, ada satu hal yang luput dari perhatian banyak orang. Hal tersebut adalah banyaknya hewan ternak yang meninggal secara tragis.

Mungkin banyak orang berpendapat bahwa kematian hewan adalah hal yang sepele, selama itu bukan manusia yang meninggal. Tapi, para pecinta hewan mempermasalahkan masalah tersebut. 

Kurang lebih sebanyak 27 hewan mati selama proses pembuatan film tersebut. Beberapa diketahui mati secara normal, tapi sisanya ada yang mati karena kurangnya perhatian terhadap segi kesehatan sang hewan. Tentu ini menjadi pukulan telak bagi dunia perfilman Hollywood dimana ada banyak pecinta hewan disana.

David Ritchie - Jumper

Siapa yang tidak kenal dengan aktor berkulit hitam, berkepala plontos, Samuel L. Jackson? Pria ini mendapatkan sebuah peran sebagai Roland Cox dalam sebuah film bergenre science-fiction berjudul Jumper.

David Ritchie yang berprofesi sebagai penata rias dalam film tersebut, meninggal dunia. Ritchie yang saat itu tengah membantu melepaskan dinding buatan yang terbuat dari pasir dan batu, kejatuhan pasir dan batu kerikil. Ritchie langsung meninggal seketika, sedangkan ketiga kru yang membantu Ritchie mengalami luka parah.

Vic Morrow, Myca Dinh Le, Dan Renee Shin-Yi Chen - Twilight Zone

Kematian artis Vic Morrow, Myca Dinh Le, dan Renee Shin Yi Chen menjadi noda kelam dalam film Twilight Zone. Ketiga artis tersebut meninggal dikarenakan terlibat kecelakaan yang disebabkan oleh penggunaan helikopter saat syuting. Helikopter yang terbang di ketinggian 8 meter, terlalu rendah untuk menghindar dari ledakan yang disiapkan oleh kru film.

Ledakan tersebut mengakibatkan helikopter hilang kontrol dan mengalami kecelakaan.Vic Morrow dan Myca Dinh tewas terkena baling-baling helikopter, sedangkan Renee Shin Si Chen tewas tertimpa badan helikopter. Semenjak kecelakaan tersebut, Hollywood membuat peraturan ketat yang membatasi anak-anak dan para kru film bekerja di malam hari dan penggunaan barang berat.

Kun Liu dan Nuo Sun - The Expendables 2

The Expendables 2 menyajikan film penuh aksi dari sejumlah aktor terkenal. Sebut saja Sylvester Stallone, Jet Lee, Jason Statham, Terry Crews, Arnold Schwarzeneger, Dolph Lundgren, Chuck Norris, Bruce Willis, dan Jean Claude van Damme. 

Sly, panggilan akrab Stallone, tadinya diberi tugas sebagai sutradara dalam film tersebut, namun menolak, mengingat betapa sulitnya menjadi sutradara ketika bermain dalam The Expendables 1.

Ketika proses syuting dilakukan, ada sebuah adegan yang melibatkan ledakan dan sebuah perahu karet. Diakibatkan karena terlalu dekat dengan area ledakan, 2 orang pemain pengganti, Kun Liu dan Nuo Sun, terkena imbas ledakan tersebut. Nuo Sun beruntung karena hanya mengalami cidera, sedangkan Kun Liu tewas.

Gabriella Cedillo - Transformer: Dark of The Moon

Michael Bay adalah seorang sutradara yang terkenal akan film-filmnya yang langganan masuk blockbuster. Salah satu film yang disutradarai oleh Michael Bay adalah Transfomer. Transformer adalah film yang penuh dengan efek Computer-Generated Imagery (CGI). Ketika syuting film Transformer: Dark of The Moon, kecelakaan mengerikan terjadi.

Ketika syuting, sebuah kabel besi penahan mobil tiba-tiba putus, menimpa mobil yang berisikan Gabriela Cedillo. Cedillo yang mengalami cidera parah langsung dilarikan ke rumah sakit. Cedillo mengalami kerusakan wajah dan kerusakan otak permanen. Setelah pertarungan panjang di meja hijau, akhirnya Paramount Pictures memberikan ganti rugi sebesar 18 juta USD pada Cedillo.

Baca lanjutannya: Kisah 10 Kecelakaan Mengerikan yang Terjadi Saat Pembuatan Film (Bagian 2)

Related

Film 4475328927045121235

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item