Kisah Terjungkalnya Penguasa Prancis Gara-gara Menaikkan Pajak Rakyat


Naviri Magazine - Ketika Louis XV meninggal, dia memberikan takhta Prancis ke tangan cucunya, Louis XVI, dan seperti yang telah diketahui, raja Prancis yang satu ini terkenal dengan pemerintahannya yang penuh dengan bencana.

Dilansir dari History, selama masa pemerintahannya, Louis XVI terlibat dalam tiga perang besar—Perang Suksesi Austria, Perang Kemerdekaan Amerika, Perang Tujuh Tahun—sekaligus.

Louis XVI bukan orang bodoh, karena terkadang ia juga memiliki keberanian untuk memaksakan perubahan yang diperlukan. Namun prospek untuk menaikkan pajak dan membebaskan para bangsawan dari wajib pajak, telah menghancurkan kerajaan itu dari dalam.

Pada saat itu, harga makanan naik, penyakit menyebar ke seluruh kota, kelaparan semakin meluas, dan pengangguran merajalela. Semua hal ini meningkatkan ketegangan di antara rakyat biasa dan para bangsawan.

Sementara kaum bangsawan tidak membayar pajak dan menikmati gaya hidup bourgeoisie, rakyat yang sudah muak akhirnya memberikan perang keempat untuk Louis XVI, yang di kemudian hari akan dikenal sebagai Revolusi Prancis, pada tahun 1789. Revolusi ini menghabiskan biaya sebesar 2 miliar livres-tournois atau US$6 miliar hari ini.

Related

History 6737343432146591208

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item