Mau Beli Rumah dengan KPR? Pertimbangkan 2 Hal Penting Ini


Naviri Magazine - Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan salah satu cara memperoleh hunian. Namun, ada banyak pertimbangan yang perlu Anda pahami agar tak menyesal di kemudian hari.
 
Financial Educator Lifepal Aulia Akbar, CFP® memberikan tips seputar kelayakan seseorang ketika ingin membeli rumah. Berikut ulasannya.

Pastikan utang Anda masih dalam batas wajar
 
"Sebelum menyetujui tawaran kredit rumah, maka pastikan dulu kita memang sehat secara finansial. Mengajukan permohonan KPR artinya kita akan menambah utang baru, maka pastikan dulu, total utang kita (bila ada) tidak melebihi 50 persen dari nilai aset. Sementara itu untuk cicilan utang kita, jumlahnya maksimal adalah 35 persen dari penghasilan bulanan," ujar Akbar.
 
Bank atau lembaga pemberi kredit bisa saja menyetujui pembayaran cicilan yang besarannya 50 persen dari penghasilan bulanan. 
 
Namun besaran tersebut tidaklah ideal bagi Anda, lantaran Anda masih butuh dana untuk berinvestasi, biaya hidup, asuransi, dan lain sebagainya.

Ketika punya cicilan, wajib kendalikan pengeluaran

Secara garis besar pengeluaran pun dibagi menjadi tiga, yaitu pengeluaran yang bersifat wajib dibayar, pengeluaran yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup, dan pengeluaran yang bersifat keinginan. 
 
Berhemat tentu menjadi solusi, namun kita tidak bisa asal dalam mengurangi pengeluaran. 
 
Jika Anda harus mengurangi pengeluaran, maka kurangilah pengeluaran yang bersifat keinginan seperti belanja barang branded, belanja barang-barang hobi, dan kegiatan konsumtif lain yang berhubungan dengan gaya hidup. 

Related

Tips 7169747416404883492

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item