Mengapa Cinta yang Tak Terbalas Bisa Bikin Hati Tak Karuan? Ini Penjelasan Ilmiahnya


Naviri Magazine - Cinta bertepuk sebelah tangan sejak dulu sudah diromantisasi melalui lagu dan karya sastra. Mulai dari puisi Dante yang menceritakan kasih tak sampai Beatrice terhadap sosok dalam syair Sorrows of Young Werther milik Goethe, atau lagu-lagu seperti “He Stopped Loving Her Today” karya George Jones, hingga “Love Story”-nya Taylor Swift. 

Artinya, penasaran karena gagal mendapatkan gebetan yang diincar, telah dialami manusia sejak berabad-abad lalu. 

Perasaan tidak dihiraukan gebetan bagaikan sebuah tragedi yang cocok untuk diangkat kisahnya menjadi novel atau puisi epik. Psikolog pun menganggap rasa penasaran macam itu tidak aneh sama sekali.

Roy Baumeister dan Sara Wotman, yang sempat mengajar di Case Western Reserve University, menulis salah satu penelitian paling penting mengenai dampak cinta bertepuk sebelah tangan terhadap otak. 

Penelitian itu dipublikasikan pada 1993. Dari 155 sampel penelitian, melibatkan pria dan wanita, lebih dari 98 persen responden mengatakan mereka setidaknya pernah sekali mengalami cinta tak berbalas selama hidupnya.

Alasan umum fenomena ini adalah kebenaran yang kejam: “Sebagian besar orang menganggap kepribadiannya jauh lebih menarik dari yang sebenarnya dilihat orang lain,” ujar Baumeister saat diwawancara surat kabar the New York Times. “Bisa dibilang ketertarikan seseorang terhadap manusia lain sebetulnya sangat berbeda dari yang dipersepsikan orang yang jadi obyek ketertarikan.”

Pendek kata, orang merasakan cinta bertepuk sebelah tangan karena mereka kepedean. Mereka merasa tidak sepantasnya si gebetan menjauhi atau terang-terangan menolak perasaannya. Inilah fakta yang sering tidak kita sadari saat mendapat penolakan dari orang yang kita incar.

Psikolog bilang, merasa sedih karena ditolak gebetan sangatlah normal. “Tidak heran jika mereka tetap memikirkan orang itu setelah hubungan berakhir,” ujar Shani Graves, psikiater yang berpraktik di New York. “Situasi ditolak macam ini lebih sering terjadi dari yang kita akui.” 

Graves menambahkan betapa, “kadang manusia sangat menaruh harapan akan ada orang yang menjadi belahan jiwa kita.” Pola pikir mencari satu pasangan sejati seringkali memberi kita pandangan yang menyimpang tentang betapa indahnya hubungan saat berpacaran singkat. 

Pola pikir memaksakan diri harus dapat "soulmate" saat PDKT, akhirnya, “membatasi kita untuk mengenal calon pasangan secara mendalam,” ujar Graves. “Jadi kalau hubungannya gagal, kita otomatis merasa terluka.”

Tanisha M. Ranger, psikolog di Henderson, Nevada, menambahkan bahwa “sifat manusia ada hubungannya dengan sedih saat ditinggal gebetan. Kita lebih mengingat hal-hal yang terjadi secara singkat.” 

Ranger menyitir efek Zeigarnik, bias kognitif yang sudah sering diteliti kalangan psikolog. Efek itu menggambarkan betapa orang cenderung lebih suka mengingat atau menemukan hal yang belum selesai. Kondisi psikologis macam itu yang dialami orang saat berurusan sama calon pacar yang gagal didapatkan.

Plus, kalian harus tahu, memulai hubungan emosional baru secara harfiah mengubah reaksi kimia di otak. Ketika kamu mulai PDKT, serotonin mulai mengalir ke syaraf-syaraf otak, lalu pikiran akan mengendalikan sisanya. 

“Reaksi kimia di otak anda akan mengalami perubahan pada saat anda sedang menyukai sesuatu, meskipun durasinya sangat singkat, dan reaksi itu akan memengaruhi perasaan apabila hubungan berakhir,” kata Ranger menjelaskan. “Berakhirnya hubungan akan membuat kita merasa sedih dan kesepian.”

Perasaan sedih atas berakhirnya hubungan pacaran yang telah berjalan lama biasanya akan cepat berkurang atau menghilang dalam hitungan bulan. Meskipun sakit, tapi proses melupakan mantan terjadi secara bertahap. 

Sedangkan untuk berakhirnya hubungan baru serta perasaan menyenangkan yang dialami selama masa itu, dapat membuat orang merasa sangat terluka karena kehilangan “candunya”. Ini yang bikin rasa penasaran terhadap gebetan lebih hebat daripada putus dari pacar betulan.

Related

Relationship 6625676706505703717

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item