Mengapa Mobil-mobil Balap Memiliki Spoiler? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Jika kamu penggemar mobil balap, kamu sering melihat spoiler yang menempel pada body belakang mobil. Kehadiran spoiler biasanya akan membuat penampakan mobil lebih sporty. Tapi fungsi spoiler ternyata bukan sekadar mempergahar tampilan mobil.

Menekan gaya angkat mobil

Spoiler sangat berpengaruh terhadap aerodinamika pada mobil. Jika mobil melaju kencang, ada kemungkinan mobil itu dapat sedikit terangkat ke udara. Maka dari itu, spoiler hadir untuk menekan mobil agar tidak terangkat, dan tetap berada di jalan. Spoiler bertanggung jawab menangani aliran udara yang mengalir di atap mobil.

Meningkatkan handling mobil

Tidak heran mengapa mobil balap selalu menggunakan spoiler. Tujuanya agar mobil lebih mudah dikendalikan. Fungsi kedua ini masih berkaitan dengan urusan aerodinamika, yaitu menjaga mobil agar tetap pada jalurnya.

Jangan asal pasang spoiler

Pemasangan spoiler pada mobil tidak boleh sembarangan. Spoiler tidak hanya dipasang pada bagian belakang mobil saja, melainkan juga di bagian bemper depan dan samping panel bawah pintu di sisi kira dan kanan.

Jika hanya dipasang di belakang saja, maka mobil bisa kehilangan kendali saat melaju kencang. Selain itu, pemasangan spoiler yang asal-asalan bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar jadi boros.

Jadi pastikan untuk memasang di tempat yang tepat atau bisa pergi ke ahlinya.

Related

Automotive 4833955503176599105

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item