Mungil tapi Bisa Terbang, Inilah 10 Burung Terkecil di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Perbedaan khas antara burung dengan hewan-hewan lain adalah kemampuan terbang. Hanya bangsa burung yang bisa terbang meninggalkan tanah, dan melayang di udara, lalu hinggap di pepohonan.

Seperti umumnya hewan lain, burung juga memiliki berbagai ukuran. Ada yang besar, ada pula yang kecil. Jika ingin tahu burung apa yang paling kecil di dunia, daftar berikut ini perlu dibaca. Inilah sepuluh burung yang berukuran paling kecil di dunia.

Crimson Chat - 10-13 cm

Burung kecil nan imut ini adalah Crimson Chat. Burung yang cukup sering ditemukan bila kalian berada di Australia. Burung ini diketahui hanya memiliki ukuran 10 sampai 13 cm, membuatnya menjadi burung terkecil di urutan paling buncit dalam daftar. Berat burung ini juga sangat ringan, hanya sekitar 10 gram.

Burung kecil satu ini memiliki ciri-ciri kaki panjang dan paruh yang agak bengkok ke bawah. Menu makanan utama Crimson Chat adalah serangga kecil, laba-laba, nektar, dan biji-bijian. Meski ukuran tubuhnya kecil, burung Crimson Chat terbilang burung yang sangat berisik dan gesit. Burung ini biasanya akan memasuki musim bertelur pada bulan Agustus sampai November.

Tropical Parula - 11 cm

Tropical Parula banyak ditemukan di Amazon basin. Amazon basin masih merupakan daerah yang masih menjadi bagian dari Amerika Selatan yang dialiri oleh Sungai Amazon. Tropical Parula memiliki ukuran tubuh hanya 11 cm dan berat hanya seitar 6 gram saja. Khusus burung Tropical Parula jantan, mereka memiliki warna kepala biru-abu-abu.

Tropical Parula sendiri masih bisa dibagi menjadi 14 spesies. Hanya spesies tertentu yang memiliki tubuh sangat kecil yang masuk ke dalam daftar ini. Tropical Parula memiliki paruh yang tajam namun kecil. Paruh ini berguna untuk mencari mangsa. 

Kebanyakan spesies Tropical Parula adalah burung karnivora, makanan mereka seperti laba-laba dan serangga, terkadang mereka juga makan biji-bijian dan nektar.

Bananaquit - 9,5-11 cm

Di Hindia Barat, Kepulauan Caribbean, dan Brazil bagian Selatan ada 1 jenis burung yang memiliki ukuran sangat mungil. Burung tersebut adalah Bananaquit. Burung kecil ini termasuk burung yang sangat sosial, mereka sangat sering dan mudah ditemukan di dekat bunga dan taman buah karena disanalah tempat mereka biasa mencari makanan.

Bananaquit memiliki ciri-ciri bulu atas yang berwarna abu-abu gelap dan bagian bawahnya yang berwarna kuning. Bentuk paruhnya yang melengkung bertujuan untuk menghisap nektar dari bunga. Bananaquit memiliki tubuh sekitar 9,5 sampai 11 cm dengan berat hanya 9 gram. Ketika masuk musim kawin, burung Bananaquit biasanya hanya menghasilkan telur sebanyak 2-4 butir.

American Goldfinch - 11 cm

Dengan tubuh berkisar 11 cm, burung American Goldfinch adalah burung terkecil di dunia di urutan ke-7. American Goldfinch adalah salah satu jenis burung Finch yang banyak ditemukan di Amerika Utara, Kanada, dan Meksiko Utara. Ketika musim panas tiba, American Goldfinc jantan, warna tubuhnya akan berubah menjadi kuning, sayap dan kepalanya menjadi hitam. 

Bulu tubuh American Goldfinch akan rontok 2 kali dalam setahun, yakni pada akhir musim dingin dan pertengahan musim panas. American Goldfinch adalah burung vegetarian, oleh karena itulah umur burung ini bisa mencapai 10 tahun. Sekali bertelur, American Goldfinch biasanya akan menghasilkan 2-7 butir telur.

Brown Gerygone - 10 cm

Brown Gerygone atau biasa yang dikenal juga sebagai Brown Warbler, adalah jenis burung Passerine yang merupakan burung asli pesisir pantai Australia. Bagian atas Brown Gerygone memiliki warna kuning langsat-abu-abu atau kuning langsat-coklat. Wajah dan bagian tubuh bawah memiliki warna gelap dan sedikit bercak putih.

Burung ini termasuk burung terkecil di dunia karena ukuran tubuhnya yang hanya 10 cm dan beratnya yang hanya 5 gram. Meski total populasi burung ini masih belum diungkap, populasi burung Brown Gerygone termasuk yang mengkhawatirkan. Burung ini biasanya sering terlihat terbang dalam grup kecil, 2 atau 4 burung. Menu makanan utama mereka adalah serangga.

Baca lanjutannya: Mungil tapi Bisa Terbang, Inilah 10 Burung Terkecil di Dunia (Bagian 2)

Related

Science 7113382305409587785

Recent

item