Nasihat Nabi Tentang Bahaya Makanan Haram


Naviri Magazine - Abu Bakar mempunyai seorang hamba yang menyerahkan sebagian pendapatan hariannya kepada Abu Bakar sebagai tuan. Suatu hari, hamba tersebut membawa makanan, dan Abu Bakar pun memakannya sedikit. 

Lalu hamba tersebut berkata, “Tuan, Anda selalu bertanya tentang sumber makanan yang saya bawa, tetapi hari ini Anda tidak berbuat demikian?”

Abu Bakar menjawab, “Aku terlalu lapar sehingga lupa bertanya. Nah, sekarang terangkanlah kepadaku dimana kau mendapat makanan ini?”

Hamba itu menjawab, “Sebelum saya memeluk Islam, saya menjadi tukang ramal. Orang-orang yang saya ramal nasibnya kadang-kadang tidak membayar uang, tetapi berjanji membayarnya apabila mendapat rezeki berupa makanan. Nah, saya berjumpa dengan mereka hari ini. Merekalah yang memberi saya makanan ini.”

Mendengar kata-kata hambanya itu, Abu Bakar memekik, “Ah! Nyaris saja kau membunuhku!” 

Kemudian Abu Bakar berusaha memuntahkan makanan yang telah ditelannya. Karena sudah masuk perut, makanan yang telah termakan sedikit itu susah keluar atau dimuntahkan, meski Abu Bakar telah berupaya keras melakukannya. Ada orang yang kemudian menyarankan agar Abu Bakar meminum air dalam jumlah banyak, lalu mencoba memuntahkan makanannya kembali. Saran ini diterima, dan akhirnya makanan yang telah ada dalam perut itu pun termuntahkan keluar. 

Karena melihat upaya Abu Bakar yang sedemikian kerasnya itu, seorang tetangganya pun berujar, “Semoga Allah mencurahkan rahmat ke atasmu. Kau telah bersusah-payah meski makanan itu hanya sedikit.”

Abu Bakar menjawab, “Aku sudah pasti akan memaksanya keluar, walaupun aku mungkin harus kehilangan jiwaku sendiri. Aku mendengar Nabi pernah berkata, ‘Badan yang tumbuh subur dengan makanan haram akan merasakan api neraka.’ Karena itulah aku memaksa makanan itu keluar, karena aku takut kalau ia menyuburkan badanku.”

Related

Moslem World 5082757067674108481

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item