Pencipta Baterai Mobil Listrik Jadi Orang Terkaya di Hong Kong, Hartanya Mencapai Rp 490 triliun


Naviri Magazine - Pendiri Teknologi Amperex Kontemporer (CATL), Robin Zeng Yuqun, menjadi orang terkaya di Hongkong berkat baterai EV yang diproduksinya sejak tahun 2011. Bahkan, kapitalisasi pasar sebesar 904 miliar yuan (Rp1.983 triliun) tercatat di Bursa Efek Shenzhen pada 2017.

Zeng, pria 53 tahun yang lahir di provinsi Fujian, China memperoleh tempat tinggal di Hong Kong melalui skema pemerintah pada tahun 2005. Ia mendirikan CATL, produsen baterai EV terbesar di dunia pada tahun 2011 silam dan telah menjelma sebagai perusahaan dengan omset yang terus mengalami lonjakan besar.

Perusahaan, yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar 904 miliar yuan (Rp1.983 triliun), tercatat di Bursa Efek Shenzhen pada 2017. Harga sahamnya telah melonjak lebih dari dua kali lipat sejak tahun lalu.

Hal tersebut membuat kekayaan Zeng melampaui Li Ka-shing sebagai orang terkaya di Hong Kong, menurut Forbes.

Kini, kekayaan bersih real-time Zeng mencapai US USD34,5 miliar (Rp490 triliun). Zeng berhasil melampaui Li sebesar USD0,2 miliar (Rp2,8 triliun). Mereka masing-masing berada di peringkat ke-41 dan ke-42 orang terkaya di dunia.

Dilansir dari South China Morning Post di Jakarta, pemasok komponen mobil telah mendapatkan keuntungan dari permintaan yang kuat untuk kendaraan listrik (EV) dalam beberapa tahun terakhir. Diperkirakan pasar EV dapat naik hingga 45 persen secara global pada tahun 2040, sebagaimana disampaikan oleh Fitch Ratings.

Ledakan mobil listrik ini telah membantu kekayaan bersih Zeng tumbuh lebih dari 2,5 kali lipat sejak Maret 2020. Dia memiliki 25 persen saham di CATL, yang kliennya termasuk pembuat mobil Tesla, BMW, dan NIO.

Apalagi, paket baterainya digunakan oleh sebagian besar merek EV baru. Tentu hal tersebut akan semakin meningkatkan pundi-pundi kekayaan Robin Zeng di masa depan.

Related

News 103713669588207714

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item