Pengamat: Wajar Ganjar ‘Diserang’, Puan Maharani Ternyata Kandidat Kuat Cawapres 2024


Naviri Magazine - Elektabilitas Puan Maharani meroket dalam survei Lembaga Y Publica. Puan Maharani ternyata kandidat kuat sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2024.

Berdasarkan elektabilitas calon wakil presiden (Cawapres) 2024, nama Puan Maharani paling tingggi, yakni mencapai 16,2 persen.

“Di antara tokoh-tokoh yang kurang diunggulkan sebagai capres, Puan Maharani merupakan kandidat terkuat dalam bursa cawapres,” jelas Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono dalam keterangan tertulisnya.

Daftar cawapres tersebut disusun di luar empat nama yang menjuarai dalam bursa capres, seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Ridwan Kamil, dan Anies Baswedan.

Hasil tersebut pun cukup mengejutkan mengingat Puan Maharani mampu mengungguli Sandiaga Uno dan AHY yang sudah malang melintang menduduki posisi teratas dalam berbagai survei.

Dikatakan Rudi, hal itu terjadi karena Puan Maharani memiliki karier politik yang cukup mumpuni.

Puan telah teruji sebagai pimpinan DPR RI dan diposisikan sebagai penerus PDIP.

“Puan bisa dibilang tokoh masa depan PDIP yang notabene adalah partai kuat dan berkuasa selama dua periode berturut-turut,” kata Rudi.

Di luar tiga nama tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir berada di tingkat elektabilitas 8,8 persen, Menko Polhukam Mahfud MD 6,5 persen, Tri Rismaharini 3,9 persen.

Menyusul Khofifah Indar Parawansa 3,3 persen, Airlangga Hartarto 2,8 persen, dan Susi Pudjiastuti 1,6 persen.

Survei Y-Publica dilakukan pada 1 sampai 10 Mei 2021 terhadap 1.200 responden.

Survei dilakukan melalui sambungan telepon kepada responden yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2018.

Margin of error ±2,89 persen, tingkat kepercayaan 95 persen.

Related

News 4511374485503896702

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item