Perlu Tahu biar Hati-hati, Ini 10 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan (Bagian 1)


Naviri Magazine - Rata-rata serangga memang berukuran kecil. Tapi sebaiknya kita tidak meremehkan ukurannya yang kecil tersebut. Karena, meski kecil, ada cukup banyak serangga yang memiliki sengatan sangat mematikan, khususnya bagi manusia.

Schmidt Pain Index adalah satuan ukur untuk menentukan seberapa menyakitkan sengatan serangga. Di dunia ini, ada 10 serangga yang sengatannya termasuk dalam Schmidt Pain Index sebagai serangga yang memiliki sengatan paling menyakitkan di dunia. Berikut ini uraiannya.

Sweat Bee - Index Pain 1.0

Lebah memang berguna karena dapat menghasilkan madu bagi manusia. Tapi, hewan kecil, berbulu, bersayap, dan lucu ini tidak bisa dianggap remeh. Meski terlihat kecil dan imut, lebah memiliki sengatan yang sangat menyakitkan. Sengatan lebah bisa sangat mematikan lagi apabila orang yang disengat memiliki tingkat alergi yang sangat tinggi.

Dari sekian banyak jenis lebah, lebah sweat bee adalah lebah yang sengatannya harus diwaspadai. Sweat bee adalah keluarga lebah yang memiliki ukuran tubuh sedang. Ada yang berwarna hitam, kuning, danjuga hijau. Diberi nama sweat bee karena lebah jenis ini memiliki ketertarikan terhadap keringat manusia. 

Menurut index rasa sakit, lebah sweat bee memiliki tingkat sengat 1.0. Menjadikannya sebagai serangga peringkat terakhir dalam daftar serangga dengan sengatan paling menyakitkan di dunia.

Fire Ant - Index Pain 1.2

Meski merumakan binatang asli di daerah Amerika Selatan, penyebaran fire ant atau semut sangatlah luas. Tidak hanya di Amerika Selatan, banyak orang di negara berbeda yang juga menemukan fire ant di rumahnya. Bahkan kita yang di Indonesia juga pasti bisa menemukan sarang semut ini di pekarangan rumah.

Fire ant atau semut api memiliki ciri-ciri tubuh berwarna coklat dengan bagian perutnya yang hitam. Tubuhnya memang kecil, tapi semut yang termasuk genus solenopsis invicta ini dikenal sangatlah agresif. Mereka tidak akan ragu-ragu menyerang siapapun yang berani mengganggu sarang mereka. Schimidt pain index memberi nilai 1.2 bagi semut api ini.

Bullhorn Acacia Ant - Index Pain 1.8

Nama serangga yang terdengar mengerikan ini diperoleh dari pohon dimana mereka sering ditemukan yaitu pohon bullhorn acacia. Semut bullhorn acacia membangun simbiosis mutualisme dengan pohon tempat mereka tinggal. 

Pohon bullhorn acacia sebagai penyedia tempat tinggal dan makanan, sedangkan semut melindungi pohon dari hewan herbivora yang ingin menyantap daun dari pohon bullhorn.

Berdasarkan index Schimdt, semut bullhorn acacia memiliki sengatan yang cukup menyakitkan. Semut ini mendapatkan nilai 1.8 menurut index Schmidt. Dengan mata yang besar dan tubuhnya yang berwarna oranye, semut ini sering dianggap sebagai "tawon" di dunia semut. Disengat semut ini sama saja seperti dijepret dengan karet.

Bald-Faced Hornet - Index Pain 2.0

Jika diurutkan dari yang paling kecil, maka urutannya adalah lebah, tawon, barulah hornet. Bisa dikatakan bahwa hornet adalah tawon dengan steroid. Jadi, ukurannya jelas lebih besar daripada lebah biasa, tapi dengan tingkat keagresifan yang sama tingginya dengan tawon. Hornet dan tawon bisa menyengat orang berkali-kali tanpa rasa takut.

Bald-face hornet adalah hornet yang berhasil masuk ke dalam daftar serangga dengan sengatan paling menyakitkan. Dengan ciri-ciri tubuh berwarna hitam dengan tanda putih di sekitar perut dan kepala, hornet ini masuk dalam skala 2.0 dalan Schmidt Pain Index. Disengat dengan serangga satu ini bisa mengakibatkan bengkak yang bisa bertahan dalam jangka waktu 24 jam.

Yellow Jacket - Index Pain 2.0

Di urutan selanjutnya mimpi baruk manusia, adalah serangga bernama yellow jacket. Yap, yellow jacket adalah salah satu jenis tawon yang cukup dikenal. Apalagi kalau bukan karena sengatannya yang mematikan. 

Di dunia hewan, semakin terang atau mencolok warna hewan tersebut, itu tandanya hewan yang harus diwaspadai. Yellow jacket ini salah satunya.

Warna kuning-hitam di tubuhnya menandakan bahwa, jika ada orang yang berani mengganggunya, maka serangga ini tidak akan ragu untuk menyengat orang tersebut. Bukan hanya sekali, melainkan berkali-kali. Berdasarkan index Schmidt, yellow jacket merupakan serangga dengan sengatan mematikan ke-6 di dunia dengan skor 2.0.

Baca lanjutannya: Perlu Tahu biar Hati-hati, Ini 10 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan (Bagian 2)

Related

Science 1135999703951221010

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item