Pisang Ini Berwarna Biru Tosca, Rasanya Seperti Es Krim Vanila


Naviri Magazine - Pisang identik dengan bentuknya yang panjang dan warna kuning yang khas. Tapi ternyata di dunia ini pisang tidak hanya tersedia dalam warna kuning.

Belakangan ini heboh kemunculan Blue Java Banana alias pisang Jawa biru di media sosial. Tidak seperti pisang pada umumnya, pisang Jawa ini memiliki warna biru kehijauan alias biru tosca.

Ada banyak orang yang meragukan kebenaran gambar yang beredar tersebut. Tapi ternyata, pisang berwarna biru tosca nyata adanya. Tidak hanya warnanya yang indah, rasanya juga tidak seperti pisang pada umumnya.

Pisang Jawa biru ini punya rasa seperti vanila. Tapi, bagaimana pisang Jawa biru bisa memiliki warna yang berbeda dari pisang pada umumnya?



Pisang Jawa biru merupakan hasil persilangan dari pisang unggulan, Musa balbisiana dan Musa acuminata. Jenis pisang ini diketahui dapat bertahan hidup di iklim dingin hingga minus 7 derajat celsius.

Mereka kerap dibudidayakan di Hawaii, beberapa bagian Asia Tenggara, dan Amerika Tengah sejak tahun 1920-an. Spesies pisang ini menggunakan nama Hawaiian banana di Fiji, Krie di Filipina, dan Cenizo di beberapa bagian Amerika Tengah.

Keindahan warna dan kelezatannya yang seperti rasa es krim vanila, tidak menghilangkan nutrisi di dalamnya. Pisang ini memiliki manfaat seperti kaya serat, mangan, vitamin C, dan B6. Selain itu, mereka juga mengandung sejumlah zat besi, fosfor, tiamin, dan selenium.

Related

Nature 4176348835152274276

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item