Riya’ atau Pamer Memusnahkan Pahala Kebaikan


Naviri Magazine - Syidad bin Ausi berkata, “Suatu hari saya melihat Rasulullah S.A.W sedang menangis, lalu saya pun bertanya kepada beliau, ‘Ya Rasulullah, mengapa Anda menangis?’”

Sabda Rasulullah S.A.W, “Ya Syidad, aku menangis karena khawatir terhadap umatku akan perbuatan syirik. Ketahuilah bahwa mereka tidak menyembah berhala, tetapi mereka berlaku riya’ dengan amalan perbuatan mereka.”

Rasulullah bersabda lagi, “Para malaikat penjaga akan naik membawa amal perbuatan para hamba dari puasanya, sholatnya, sedekahnya, dan sebagainya. Para malaikat itu mempunyai suara seperti suara lebah, dan bersama mereka ada 3.000 malaikat lainnya, dan mereka membawanya ke langit ketujuh.”

Setelah itu Rasulullah S.A.W menceritakan bahwa ketika malaikat yang membawa amal itu sampai ke langit, para malaikat penjaga menghadang mereka dan berkata, 

“Berdirilah kalian semua, dan pukulkanlah amal perbuatan ini ke muka dan tubuh pemiliknya, dan tutuplah hatinya. Sungguh aku menghalangi sampainya (kepada Allah) setiap amal perbuatan yang tidak dikehendaki selain untuk Allah (berbuat amal bukan karena Allah). Berlaku riya’ di kalangan ahli fiqh adalah karena menginginkan ketinggian, supaya mereka menjadi rujukan. Di kalangan para ulama, riya’ dipakai untuk tujuan menjadi terkenal di lingkungannya. Allah S.W.T telah memerintahkan aku agar tidak membiarkan amalnya melewatiku.”

Sementara itu, malaikat penjaga membawa amal orang-orang salih, kemudian dibawa oleh malaikat di langit, sehingga terbuka semua batas-batas dan sampai kepada Allah S.W.T. Mereka berhenti di haribaan Allah, dan memberikan persaksian terhadap amal orang tersebut yang benar-benar salih dan ikhlas karena Allah.

Related

Moslem World 8177486275902140638

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item