Sebelum Nikah, Coba Lakukan Hal Ini Supaya Nantinya Hidup Harmonis


Naviri Magazine - Pernikahan adalah momen sakral yang mungkin terjadi sekali dalam seumur hidup. Untuk itu, sebuah pernikahan sebaiknya disiapkan secara matang. Tak hanya soal finansial, terdapat sederet hal lain yang perlu diperhatikan oleh calon pengantin sebelum mengarungi bahtera rumah tangga bersama pasangan. Hal ini agar kelak kehidupan rumah tangga menjadi bahagia dan harmonis.

Yuk, catat 5 hal yang harus dilakukan sebelum menikah seperti dikutip dari laman Real Simple berikut ini.

Memahami Pasangan

Ketika menikah maka kamu mencari pasangan untuk menjadi pendamping hidup. Untuk itu, pahami terlebih dahulu pasangan, dengan mendukung kelebihannya dan menghormati serta tidak melemahkan kekurangannya. 

Selain itu, perhatikan nilai dan keyakinan yang dianut pasangan, pastikan sesuai dengan nilai dan keyakinan yang kamu miliki.

Diskusi soal Keuangan

Jelang hari pernikahan pasti banyak persiapan yang perlu segera diselesaikan. Namun, jangan sampai kamu mengabaikan pembicaraan tentang keuangan dengan pasangan. Misalnya siapa yang mengatur keuangan dalam keluarga dan lainnya. 

Meski kerap dianggap tabu, nyatanya membicarakan finansial sebelum menikah bisa meminimalisir konflik ketika sudah berumah tangga, lho.

Mulai Membicarakan Anak

Hal penting lainnya selain finansial, yaitu membicarakan mengenai anak. Sebelum menikah, diskusikanlah terlebih dulu dengan calon pasangan terkait rencana untuk memiliki momongan, seperti waktu yang tepat untuk memulai program hamil serta cara pola pengasuhan yang akan diterapkan nanti. Agar kamu dan dia lebih mengerti dan memahami keinginan masing-masing.

Temui Teman-teman Pasangan

Dengan memutuskan untuk menikah kamu akan menghabiskan waktu bersama si dia. Artinya, kamu harus bisa menerima tidak hanya dirinya tapi juga orang-orang yang ada di sekitarnya. 

Mulailah dengan menemui mereka untuk sekadar ngobrol dan makan bersama. Dengan cara ini, kamu bisa mengenal dengan lebih baik siapa teman-teman pasangan.

Ikut Kursus Pra-Nikah

Supaya nggak 'buta-buta' amat soal kehidupan pasca menikah, kamu bisa lho ikut kursus pra-nikah. Tujuannya untuk menambah wawasan. Nantinya kamu bisa bertanya langsung dengan ahli seputar tips membangun kehidupan rumah tangga harmonis. Atau kamu juga bisa berkonsultasi tentang cara mengatasi rasa cemas menjelang hari-H pernikahan.

Related

Tips 8478156298725439273

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item