Sering Terlihat, Inilah Arti Sebenarnya 10 Simbol Populer di Dunia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Sering Terlihat, Inilah Arti Sebenarnya 10 Simbol Populer di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Barber

Jika salon adalah tempat biasa wanita memotong rambut, lalu apakah sebutan tempat pria memotong rambut? Tempat pria memotong rambut disebut dengan barber. Untuk mengenali tempat tersebut adalah sebuah barber, biasanya digunakan sebuah simbol yakni barber pole yang diberi warna merah-putih-biru.

Berdasarkan sejarah masa lalu, para barber atau tukang cukur diharapkan bisa melakukan hal lain daripada sekedar memotong rambut dan jenggot. Banyak di antara tukang cukur yang ternyata merupakan ahli bedah, dan tugas mereka adalah menjahit kembali luka dan membersihkan darah. 

Darah dibersihkan menggunakan handung dan digantung di luar sebagai salah satu bentuk iklan. Jika angin berhembus, handuk akan tergulung di tiang. Dan itulah asal muasal simbol barber.

Oke

Bagi sejumlah negara di Eropa, mengeluarkan gestur tangan yang terlihat seperti gambar di atas adalah sebuah tanda oke atau saya tidak apa-apa. Namun, kalian harus berhati-hati untuk tidak melakukan gestur ini ketika berada di Brazil atau negara Mediterania lain karena simbol ini menandakan anus atau pecinta sesama jenis.

Gestur oke ini ternyata dapat kita temukan juga di kepercayaan Buddha dan Hindu. Simbol ok dalam agama Buddha diberi nama Vitarka mudra, artinya adalah mengajar dan alasan. Ada banyak artifak agama Buddha yang menggambarkan Buddha menunjukkan gesture Vitarka mudra.

Tongkat dan Ular

Jika kalian berkunjung ke apotek, kalian pasti menemukan simbol bergambar ular dan tongkat. Meski penasaran dengan artinya, banyak orang yang cuek saja dan melenggang santainya ke apotek dan membeli obat. Padahal, sebuah simbol itu ada pasti karena ada alasannya, begitu pula dengan simbol yang biasa ditemukan di apotek ini.

Simbol ular dan tongkat ini disebut dengan caduceus. Caduceus adalah sebuah tongkat milik Hermes, seorang dewa mitologi orang Yunani. Caduceus ini adalah sebuah simbol yang sering digunakan untuk kepentingan medis atau simbol organisasi kesehatan. 

Simbol Perdamaian

Di tahun 1960, ada sebuah simbol yang sangat terkenal, mirip seperti simbol salib terbalik yang patah, penampakannya bisa kalian lihat pada gambar di atas. Simbol tersebut, sekarang menjadi simbol yang menandakan perdamaian. Tidak seperti simbol pada kebanyakan yang memiliki sejarah kuno, simbol perdamaian ini dulu dirancang oleh seorang pria bernama Gerarld Holtom.

Holtom menciptakan simbol ini sebagai pelucutan senjata nuklir milik Inggris. Menurut Holtom sendiri, simbol tersebut melambangkan pria yang menggerakan tangan ke atas dan ke bawah. 

Gestur menggerakan tangan ke atas dan ke bawah, mengikuti gerakan orang Goya sebelum ditembak. Karena simbol tersebut belum mendapatkan hak cipta atas nama Holtom, kini, simbol tersebut dijadikan simbol damai.

Yin-Yang

Jika ditelusuri lebih dalam, simbol Yin-Yang adalah sebuah filosofi yang sudah sangat berakar di Cina, lebih khususnya di dalam kepercayaan Tao. Simbol yang populer ini bisa kalian temukan dimana-mana seperti di kaos, gantungan kunci, tato, dan masih banyak lagi lainnya. Simbol ini diartikan oleh banyak orang sebagai baik dan jahat, padahal sebenarnya tidak.

Konsep simbol Yin-Yang sudah ada sejak jaman dahulu kala, jauh sebelum Masehi. Bukan disimbolkan sebagai baik dan jahat. Yin bisa berganti menjadi Yang dan begitu pula sebaliknya. 

Yin melambangkan sisi feminim, ditunjukkan dengan warna hitam, utara, air, transformasi, bulan, dingin, kelembutan, kepasifan, introspeksi, lembah, dan segala hal yang bisa memberikan semangat pada jiwa. 

Yang melambangkan cahaya, api, gunung, kehangatan, matahari, aksi, pergerakan, dan bentuk lainnya. Kepercayaan Tao percaya bahwa simbol Yin-Yang ini mendorong manusia untuk hidup seimbang, menghargai semua aspek kehidupan yang ada di bumi.

Swastika

Banyak orang di beberapa negara yang mengartikan simbol swastika sebagai simbol yang berkaitan dengan Nazi. Menunjukkan simbol ini sama saja kalian mencari masalah. Kalian dianggap sebagai salah satu dari pengikut Nazi. Mengingat apa yang sudah dilakukan oleh tentara Nazi, tidak heran kenapa orang jaman sekarang begitu takut apabila ada orang yang mengikuti Nazi.

Sayangnya, simbol swastika ini bukanlah simbol yang semenakutkan itu. Simbol ini adalah salah satu simbol tertua yang ada di dunia.Kalian bisa menemukan simbol ini dalam agama Buddha, Hindu, dan Jainisme. 

Di agama Hindu, simbol swastika adalah simbol dari Dewa Vishnu. Di agama Hindu, Dewa Vishnu adalah dewa yang bertugas untuk memelihara dan melindungi segala ciptaan Dewa Brahma.

Related

Science 623246240364686778

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item