Warga 1 Kampung di Sleman Positif Covid-19, Viral Iring-iringan Ambulans Datang Menjemput


Naviri Magazine - Iring-iringan ambulans viral di media sosial karena dikabarkan menjemput satu kampung di Pedukuhan Ngaglik, Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, yang positif Covid-19.

Puluhan warga yang positif Covid-19 tersebut kemudian dibawa ke Faskes Darurat Covid-19 di Sleman, yaitu Asrama Haji.

"Yang dievakuasi ada 25 (orang). Ada 28 (orang sebenarnya) tapi yang 3 akan dirujuk ke rumah sakit karena ada gejala berat," keterangan dari Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan.

Dalam penjemputan itu, dikerahkan 6 ambulans dan 1 kendaraan taktis. Sementara itu, Kadis Sleman, Joko Hastaryo mengatakan bahwa kini sudah ada 55 kasus Covid-19 di daerahnya.

Dia menjelaskan sebenarnya ada dua RT di Pedukuhan Ngaglik yang dilakukan tracing Covid-19. Dari swab massal pada 203 orang di dua RT tersebut, hasilnya ada 35 orang yang positif Covid-19.

Selain dievakuasi ke Asrama Haji, ada juga yang mendapatkan perawatan di Rusun gemawang. Menurut Joko, karena kasus di Pedukuhan Ngaglik cukup banyak, maka bisa dikategorikan sebagai klaster perkampungan.

Diduga penyebabnya adalah karena mobilitas warga yang cukup tinggi, seperti bekerja di luar kabupaten, atau mengikuti pengajian di luar pedukuhan.

Kini, pedukuhan tersebut menerapkan langkah pengetatan untuk mencegah pertambahan jumlah kasus Covid-19.

Related

News 4157345405225888519

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item