Berawal dari Modal Rp 182 Ribu, Pasangan Ini Hasilkan Miliaran dari Jualan Sepatu


Naviri Magazine - Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Kalimat itu cocok untuk menggambarkan pelaku usaha yang satu ini, pasangan Fajar Nugraha dan Ira Hanira. Lewat bisnis berbendera Adorable Projects, keduanya memiliki omzet miliaran rupiah per bulan.

Sulit dipercaya bahwa mereka memulai usaha dengan modal Rp 182 ribu saja, hasil patungan keduanya di tahun 2008, untuk membuat pernak-pernik berbahan akrilik bekas.

"Jadi itu kan modalnya murah banget, itu kan limbah-limbah bekas bikin neon box, orang bikin kotak sumbangan gitu-gitu, kan," kata Fajar.

Akrilik bekas tersebut disulap menjadi cincin, kalung, hingga gelang dengan bentuk beraneka ragam. Aksesoris tersebut mulanya ditawarkan ke orang-orang terdekat hingga terus berkembang seiring waktu berjalan.

"Dari 2008 bikin aksesoris itu dulu top-topnya itu (omzet) sebulan Rp 30-40 jutaan tuh dulu," ungkap Fajar.

Pendapatan yang diperoleh terus diputar untuk modal usaha hingga semakin berkembang. Bisa dibilang bisnis aksesoris menjadi batu loncatan baginya. Pada gilirannya, dia banting setir dengan berjualan sepatu.

Sepatu yang mereka jual dipasok dari para perajin berskala kecil. Usaha tersebut dimulai pada 2010, dan pada 2016 dia bisa menyetok sepatu hingga 30 ribu pasang, terus berkembang hingga kini.

"Sampai sekarang 2021 ini bisa (menyetok) sampai 60 ribu pasang," sebut Fajar.

Dalam setahun, sekurang-kurangnya dia bisa menjual 100 ribu hingga 200 ribu pasang sepatu. Jumlah sepatu yang dijual pun tergantung sepatu yang dapat dipasok dari para perajin.

"Jadi kalau misalkan tepat, itu bisa jualan banyak ya sampai 200 ribu, sedikitnya 100 ribu (pasang sepatu) gitu. Kalau dirupiahin ya satu bulan mungkin sekitar bisa Rp 1 miliar, Rp 3 miliar," jelasnya.

Selain sepatu, Adorable Projects juga menjual tas, dan pakaian, tapi 70% barang yang terjual adalah sepatu. Dia memasarkan produknya lewat akun Instagram @adorableprojects.

Related

Indonesia 3221707704203580641

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item