Dinkes Pekanbaru Tarik Semua Vaksin COVID-19 dari Rumah Sakit, Kenapa?


Naviri Magazine - Penarikan vaksin dari seluruh rumah sakit di Pekanbaru diketahui setelah surat dari Dinas Kesehatan Pekanbaru tersebar luas. Surat itu ditujukan kepada semua Direktur rumah sakit di Kota Bertuah.

"Sehubungan dengan adanya evaluasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Pemerintah Kota Pekanbaru, maka kami memerintahkan kepada seluruh direktur rumah sakit se-Pekanbaru untuk segera mengembalikan vaksin COVID-19 ke Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru," tulis surat yang ditandatangani Kabid Sumber Daya Dinkes Pekanbaru, David Oloan.

Surat itu dikeluarkan Senin (7/6) dan tertulis vaksin harus sudah dikembalikan paling lambat sore di hari yang sama. Tak ada pengecualian bagi rumah sakit untuk mengembalikan vaksin.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru, Arnaldo membenarkan surat yang beredar tersebut. Menurutnya, vaksin harus segera dikembalikan karena bermasalah.

"Vaksin diambil oleh fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan). Namun ketika melakukan vaksin, data orang yang di vaksin tidak diinput ke P-care (pencatatan vaksinasi) dan SMILE (Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik)," tegas Arnaldo.

Arnaldo memastikan sudah banyak dosis vaksin COVID-19 didistribusikan ke rumah sakit di Pekanbaru. Namun data jumlah penerima vaksin tidak kunjung diterima dan terdata dalam P-care dan SMILE.

"Data orang yang divaksin banyak yang belum di-input. Terkait penarikan vaksin berkaitan dengan data P-care dan SMILE," katanya.

Terkait sejak kapan data vaksin dan jumlah penerima tidak sesuai, menurut Arnaldo sudah terjadi sebelum dirinya menjadi Plt. Sehingga tidak termasuk kegiatan vaksin massal yang baru saja diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Ini sepertinya sudah lama. Tidak ada hubungan dengan vaksin massal kemarin. Kita hanya ingin supaya data ini real agar ketika minta vaksin ke pusat, orang pusat bisa kasih vaksin," katanya.

Untuk diketahui, vaksinasi COVID-19 mulai dilakukan dengan gencar setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Riau. Bahkan, selama pelaksanaan vaksin banyak sekali memunculkan kerumunan.

Tak hanya kerumunan, banyak juga protes terkait transparansi pelaksanaan vaksin yang disorot anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Riau. Terbaru, vaksinasi di salah satu mal juga dibubarkan Satgas COVID-19 Riau karena melanggar protokol kesehatan.

Related

News 4190653412225392692

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item